Indonesia Tetap Jadi Incaran Investor Otomotif

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di Asean, selain Thailand, Indonesia juga tetap menjadi bidikan investor asing di sektor otomotif. Meski penjualan mobil pada tahun lalu jauh dari harapan.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berkomitmen membelanjakan investasi senilai Rp5,4 triliun untuk perluasan pabrik mobil di Karawang, Jawa Barat,” kata Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas, di Jakarta, baru-baru ini.

Pabrik ketiga Toyota di Karawang, menurut Made, memiliki kapasitas terpasang sebanyak 216.000 unit mobil.

“Selain memperluas pabrik perakitan, kami juga membangun pabrik mesin (engine plant) yang berlokasi di Karawang. Pabrik mesin mobil tersebut tidak hanya memenuhi pembuatan mesin mobil untuk di Indonesia saja, melainkan juga untuk diekspor,” papar dia.

Investasi otomotif di Indonesia juga diramaikan oleh pendatang baru, yaitu SAIC-GM Wuling Automobile Company Limited (SGMW) asal China. Produsen mobil asal Negeri Tirai Bambu yang dikenal dengan merek Wuling tersebut kini bahkan tengah membangun pabrik pertama mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik Wuling tersebut kabarnya akan memasuki tahap uji coba pada Mei 2017. Dalam membangun pabriknya, Wuling menggelontorkan dana hingga US$700 juta. Rencananya mobil yang akan diproduksi di pabrik Wuling itu adalah mobil low MPV Wuling Hongguang dan Baojun 730.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi di sektor otomotif pada tahun lalu meningkat hingga Rp23,57 triliun, dibanding tahun 2014 lalu, yang mencapai investasi senilai Rp22,13 triliun. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here