Cuma Mobil LCGC yang Kebal Krisis

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) menjadi satu-satunya segmen yang kebal terhadap kondisi melemahnya perekonomian, baik global maupun domestik.

Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan mobil LCGC pada Februari tahun ini mencapai 14.625 unit, naik 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 11.923 unit.

“LCGC cukup kebal dihantam kelesuan pasar karena segmen ini memiliki kemampuan penetrasi pasar yang luas dibandingkan produk lain. Di tengah daya beli yang melemah, LCGC malah banyak diminati konsumen di daerah,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan harga produk yang lebih terjangkau serta agresifnya pemasar LCGC, menurut Yongkie, membuat produk itu menyapu permintaan konsumen pertama.

“Masing-masing agen pemegang merek (APM) pemasar LCGC, memiliki kecenderungan menggempur pasar daerah dengan banyaknya pembangunan jaringan purna jual,” papar dia.

Di sisi lain, lanjut Yongkie, kehadiran LCGC lambat laun menggeser opsi pembelian bagi konsumen.

“Dengan potensi itu, LCGC mencuri konsumen yang biasanya lari ke segmen mobil serbaguna harga bawah,” ujarnya.

Sementara jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, volume penjualan diler pada Februari tahun ini, menunjukkan pertumbuhan 8%. Periode Januari 2016, penjualan LCGC yang diisi lima merek mobil itu sekitar 13.535 unit.

Hasil penjualan dua bulan pertama tahun ini mencapai 28.160 unit. Dengan begitu, segmen tersebut naik 8% dibandingkan dengan Januari dan Februari 2015 yang sebanyak 26.048 unit.

Catatan statistik ini menempatkan LCGC sebagai pilar utama penjualan otomotif domestik. Segmen ini dianggap andalan bagi penopang penjualan domestik yang pada Februari tahun ini total mencapai 88.238 unit, turun 1% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebanyak 88.740 unit. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here