VW Diberi Tenggat Hingga 21 April Atasi Skandal Emisi

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Pengadilan federal Amerika Serikat memberi batas waktu bagi Volkswagen (VW) dan regulator hingga 21 April untuk mengatasi skandal emisi.

Sebelum tanggal yang telah ditetapkan itu, diharapkan VW bersama pihak regulator di AS menyepakati langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kasus pemalsuan data emisi mesin diesel kendaraan VW.

Langkah yang dimaksud adalah perbaikan atau membeli kembali kendaraan yang ditengarai memiliki tingkat emisi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan pabrikan.

Seperti dilaporkan Reuters, Hakim Pengadilan Federal AS, Charles Breyer, sebelumnya menetapkan tenggat hingga 24 Maret 2016 untuk penyelesaian kasus tersebut menyusul serangkaian pembicaraan antara VW, U.S. Environmental Protection Agency, dan California Air Resources Board.

Namun, dalam persidangan yang digelar medio pekan ini, VW dan pihak regulator menyatakan telah mencapai kemajuan meski belum ada kesepakatan yang ditandatangani. Penyelesaian itu, menurut Breyer, bisa berupa pembelian kembali kendaraan yang terdampak atau memperbaiki sekitar 580.000 unit kendaraan bermesin diesel lansiran VW group yang beredar di AS.

Jika hingga tenggat yang ditetapkan belum tercapai kesepakatan, kata Breyer, maka pihak pengadilan akan menggelar sidang medio tahun ini untuk memutuskan apakah kendaraan lansiran VW yang mengeluarkan emisi lebih tinggi hingga 40 kali daripada ketentuan itu boleh beroperasi atau tidak.

Pada Februari lalu, Departemen Kehakiman AS menggugat VW senilai US$46 miliar karena dituduh melanggar undang-undang lingkungan hidup.

Untuk diketahui, VW dan sejumlah anak usahanya, seperti Audi dan Porsche, saat ini tidak menjual kendaraan bermesin diesel model 2016 di AS akibat skandal memalukan itu. Selain itu, raksasa otomotif Eropa itu juga dihadapkan pada lebih dari 500 gugatan yang disampaikan oleh konsumen VW di AS. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here