Mau Tahu Aplikasi Teknologi Fuel Cell Pada Mobil?

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Selain hybrid, kini konsumen dihadapkan pada teknologi mesin mobil ramah lingkungan lainnya, yakni fuel cell hidrogen, yang hanya menghasilkan air dari moncong knalpotnya.

Meski belum banyak pabrikan mobil yang mengembangkan teknologi ini, kecuali Toyota dan Honda, yang telah meluncurkan produk secara massal melalui Toyota Mirai dan Honda FCV Clarity, tapi ke depan kendaraan berbahan bakar hidrogen akan banyak meramaikan jalan raya di seluruh dunia seperti layaknya mobil hybrid dan mobil listrik.

Nah, sebagian dari Anda mungkin belum banyak tahu tentang teknologi fuel cell hidrogen. Untuk mengetahui bagaimana teknologi yang ditemukan oleh Sir William Grove ini pada mobil FCV, Anda dapat menyimak uraian berikut ini.

Seperti dilansir Autoevolution, esensinya fuel cell adalah mesin tanpa sukucadang bergerak. Tapi definisi teknis ini dapat dijelaskan sebagai berikut, yaitu bahwa fuel cell adalah alat untuk mengubah energi elektrokimia.

Alat ini mengubah partikel hidrogen dan oksigen menjadi air, yang pada proses itu juga menghasilkan listrik. Ada banyak jenis fuel cell yang dipakai atau dikembangkan saat ini, tapi kebanyakan alat itu menggunakan hidrogen dan oksigen sebagai kimia dasar yang dibutuhkan untuk mengubah energi kimia menjadi listrik.

Mau Tahu Aplikasi Teknologi Fuel Cell Pada Mobil?

Lalu, bagaimana pengaplikasian teknologi ini pada kendaraan? Dari semua jenis fuel cell yang ada saat ini, Polymer Exchange Membrane Fuel Cell (PEMFC) sepertinya adalah kandidat terbaik untuk pengaplikasian pada kendaraan.

Alasan utamanya adalah densitas dayanya dan suhu operasi yang relatif rendah, sehingga tak butuh waktu terlalu lama bagi fuel cell untuk memanaskan dan mulai membangkitkan listrik. Selain itu, PEFMC juga menggunakan salah satu reaksi paling sederhana dari jenis fuel cell manapun.

Untuk diketahui, kendaraan pertama yang menggunakan teknologi ini dibuat pada 1994, yaitu ketika Mercedes-Benz memperkenalkan prototipe MB100-based NECAR1 (New Electric CAR 1). Namun demikian, selain output daya listriknya rendah (hanya 50 kilowatt), kelemahan terbesar dari kendaraan konsep Mercedes itu adalah fuel cell drive berukuran besar, sehingga menyita banyak ruang di bagasi.

Dari sisi keamanan juga patut menjadi pertimbangan, karena tabung berisi gas hidrogen bertekanan tinggi yang sangat mudah terbakar, jelas menjadi nilai minus bagi sebuah kendaraan untuk mengangkut penumpang ataupun barang.

Mau Tahu Aplikasi Teknologi Fuel Cell Pada Mobil?

Dan 10 tahun kemudian, teknologi fuel cell telah berevolusi. Terbukti, salah satu mobil konsep terbaru Mercedes memiliki output tenaga 115 hp (85 kilowatt) dan mampu menjelajah sekitar 250 mil (400 kilometer) sebelum tangkinya diisi kembali. Pabrikan mobil Jerman itu bukanlah satu-satunya yang mengembangkan teknologi fuel cell hidrogen terkini, karena Honda bahkan sudah memiliki produk bernama FCX Clarity, yang disewakan kepada institusi pemerintah atau armada kendaraan perusahaan tertentu sejak 2008.

Meski hadir belakangan, tapi Toyota melangkah lebih jauh ketimbang para rivalnya dalam hal penerapan teknologi fuel cell hidrogen. Hebatnya, mobil hidrogen Toyota, yakni Mirai, sudah resmi dipasarkan ke konsumen umum di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Mirai jelas dapat menjadi alternatif bagi kendaraan listrik, karena selain jarak tempuhnya yang mencapai 312 mil (520 km) dengan sekali pengisian penuh tangki dengan hidrogen, proses pengisian hidrogen juga tak butuh waktu lama seperti pengisian baterai pada mobil listrik, yakni kurang dari lima menit layaknya mengisi bahan bakar biasa.

Meski penerapan teknologi fuel cell hidrogen masih terbatas saat ini, terutama kurangnya infrastruktur pendukung, tapi dalam waktu tak lama lagi, mobil-mobil berbahan bakar hidrogen dari pabrikan mobil dunia sepertinya akan mulai bermunculan. Bolehlah dalam 10 hingga 15 tahun ke depan, mobil hdrogen belum bisa menyaingi mobil konvensional, tapi cepat atau lambat seiring dengan makin terkikisnya cadangan minyak fosil dunia, teknologi fuel cell akan menjadi salah satu alternatif untuk melindungi Bumi kita. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here