Honda Bikin Pendeteksi Alkohol Via Napas

RAJAMOBIL.COM, New York – Honda tak cuma pintar membuat mobil dan robot, pabrikan mobil terbesar ketiga Jepang ini juga menciptakan alat penganalisis napas pengemudi yang menengggak alkohol.

Untuk menggarap produk portable breathalyzer berteknologi tinggi ini, Honda menggandeng Hitachi, sebuah perusahaan elektronik yang cukup kondang di dunia, demikian seperti dilaporkan Autoguide.

Dalam keterangan tertulisnya, Honda mengumumkan bahwa bersama Hitachi mereka telah menciptakan prototipe dari alat pendeteksi alkohol portabel yang dapat diintegrasikan ke dalam kunci pintar kendaraan.

Portable breathalyzer ini disebut mampu mendeteksi uap air dari napas manusia dan dapat secara akurat mengukur kandungan alkohol hanya dalam waktu tiga detik pada waktu seseorang mengembuskan napas ke alat tersebut.

Selain itu, Honda dan Hitachi juga mengembangkan sistem yang dapat menayangkan kadar alkohol yang diukur oleh breathalyzer pada panel display di dashboard kendaraan. Hebatanya lagi, alat tersebut dapat mematikan kunci kontak (ignition interlock) guna mencegah pengemudi yang berada di bawah pengaruh alkohol mengemudikan mobil.

Menurut Honda, portable breathalyzer yang dikembangkan bersama Hitachi memiliki keunggulan ketimbang peranti pengunci pengapian lainnya. Cara kerja alat ignition interlock lansiran perusahaan lain baru dapat beroperasi setelah pengemudi duduk di balik kemudi.

Sementara alat serupa racikan Honda-Hitachi dapat difungsikan saat pengemudi berada di luar mobil atau di manapun dia berada sebelum masuk ke kabin mobil. Dengan demikian, upaya pencegahan bagi pengemudi yang mabuk dapat dilakukan sedini mungkin.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here