IIMS 2016, Ke Mana Perginya Honda Freed?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sebanyak 23 line-upmobil Honda mejeng di gelaran IIMS 2016. Beberapa produk yang dihadirkan itu empat di antaranya merupakan model terbaru, yaitu All New Civic, New Accord, New Brio Satya, dan New  Brio RS. Sementara sisanya lagi adalah Honda Mobilio, New Honda Jazz RS CVT, Honda BR-V, Honda HR-V 1.5L, New Honda CR-Z, dan New Honda Odyssey.

Menariknya, dari total kendaraan yang diboyong, ada satu varian MPV andalan Honda, yakni Freed,yang tak nampak dalam perhelatan akbar otomotif ini. Lantas kemanakah mobil Honda paling familiar tersebut?

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia membenarkan bahwa untu kali ini varian Freed memang tidak dihadirkan.

“Honda Freed masih ada di diler, stoknya tinggal sedikit. Memang belum diproduksi lagi, jadi untuk pajang unitnya tidak ada,” kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, saat ditemui di sela acara presentasi All New Honda Civic, di JIexpo Kemayoran, Jakarta.

Ketika ditanya apakah tidak takut bila pamor Honda Freed menurun? Jonfis menjelaskan bahwa semua itu tergantung permintaan konsumen dan seberapa besar jumlahnya.

Menurutnya sekarang ini  banyak konsumen Freed pindah ke model Honda yang lainnya, seperti HR-V, Mobilio, dan BR-V.

“Jika dilihat dari penjualannya varian Honda Freed memang telah mengalami penurunan. Saat ini dalam sebulan penjualan Freed mencapai 300 hingga 500 unit. Sedangkan untuk Honda BR-V bisa mencapai 6.500 unit,” papar Jonfis.

Sebagai informasi, Honda Freed pertama kali diperkenalkan pada 2009. MPV besutan Honda ini mengusung mesin i-VTEC 1.5 liter yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 118 Ps pada putaran di 6.600 rpm dengan torsi maksimal 146 Nm pada putaran di 4.800 rpm.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here