Paket Ekonomi XII Diminta Akomodasi Pengusaha Truk

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pemerintah berencana meluncurkan paket kebijakan ekonomi jilid XII. menanggapi hal itu, pelaku usaha truk meminta kebijakan yang tengah di rancang tersebut dapat mengakomodasi sektor otomotif nasional, khususnya pengusaha truk.

“Kami berharap deregulasi sektor otomotif yang tengah direncanakan pemerintah bisa menyentuh kebutuhan substansial pengusaha truk. Melihat rencana deregulasi Paket XII khususnya sparepart, kami mengharapkan semoga Paket Kebijakan XII ini tidak hanya menyentuh kepada angkutan barang tetapi juga jenis sparepart komersial untuk truk,” kata Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Sarana dan Prasarana, Sugi Purnoto, di Jakarta, Jumat (22/4).

Dikatakan Sugi, harga spartpart seperti ban belum mengalami penurunan meskipun harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah turun. Pasalnya, komponen spartpart seperti ban mempengaruhi biaya transportasi sekitar 2-5 persen.

“Harga BBM yang terus mengalami penurunan seharusnya diikuti oleh harga komponen suku cadang kendaraan,” papar dia. Sugi berharap paket deregulasi ekonomi XII mencantumkan insentif penurunan harga suku cadang pada kisaran 15% hingga 20%.

“Pelaku usaha truk sudah menyampaikan perlunya insentif suku cadang kepada Kementerian Koordinator Perekonomian. Dalam evaluasi paket deregulasi, Aptrindo juga sudah menyampaikan sejumlah kebutuhan insentif mulai dari perbankan hingga pembatasan usia truk,” ujarnya.

Pemerintah segera mengumumkan paket kebijakan ekonomi XII pada pekan depan sebagai kelanjutan dari upaya deregulasi ekonomi di Indonesia. Rencananya pengumuman paket akan dilakukan usai kunjungan Presiden Joko Widodo ke Eropa. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here