Benarkah Emisi Mesin Diesel Mercedes ‘Diakali’?

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Daimler AG, induk perusahaan Mercedes-Benz, tengah melakukan penyelidikan internal terkait data emisi.

Investigasi itu dilakukan atas permintaan dari Departemen Kehakiman AS untuk mengetahui apakah raksasa otomotif Jerman itu menggunakan software untuk mengelabui data emisi seperti yang dilakukan Volkswagen.

Daimler melalui pernyataan tertulis yang dikutipAutoguide menyatakan pihaknya akan kooperatif dengan otoritas di Negeri Paman Sam dan akan melakukan penyelidikan terhadap proses pengujian dan izin terkait data emisi mesin kendaraan Mercedes yang dipasarkan di AS.

Langkah itu diambil menyusul pada April lalu ada sekelompok pemilik mobil Mercedes di AS yang mengajukan gugatan class action dan menuding bahwa mesin diesel BlueTEC racikan Mercedes menghasilkan kadar diesel nitrogen oksida lebih tinggi dari yang ditetapkan.

Daimler sendiri telah membantah tuduhan tersebut dengan menegaskan bahwa gugatan itu tak berdasar, karena semua mobil Mercedes tidak dilengkapi software yang dapat mengakali hasil uji emisi. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here