Persneling Bikin Bingung, Dodge dan Jeep Di-recall

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Fiat Chrysler memutuskan untuk melakukan recall terhadap sekitar 1,1 juta kendaraan karena banyak keluhan bahwa tuas persneling membingungkan.

Langkah itu diambil menyusul penyelidikan yang dilakukan National Highway Traffic Safety Administration pada Februari lalu. Adapun kendaraan yang akan di-recall itu adalah beberapa model tertentu yang dilengkapi dengan tuas persneling elektronik. Untuk keluhannya, seperti dilaporkan Autoevolution, mobil seringkali meluncur saat diparkir.

Belum diketahui apakah produsen transmisi, yakni ZF, akan ikut terlibat dalam program recalltersebut. Menurut keterangan tertulis FCA, beberapa pengemudi sering keluar dari kendaraan mereka tanpa memilih persneling di posisi ‘PARK.’ Kebiasaan seperti itu akan memicu risiko jika mesin kendaraan dalam keadaan hidup.

Kondisi itu lebih disebabkan oleh kebiasaan pengemudi yang kurang peduli terhadap keselamatan. Pasalnya, mobil lansiran FCA yang dilengkapi tuas persneling elektronik sudah memiliki sistem untuk memperingatkan pengemudi ketika pintu sisi pengemudi terbuka saat mesin hidup dan persneling tidak di posisi PARK.

Fiat Chrysler kabarnya mengakui ada sekitar 41 korban luka yang diduga terkait dengan masalah persneling itu. Untuk kendaraan yang terkenal recall meliputi Dodge Charger model 2012 hingga 2014 dan Chrysler 300, selain juga Jeep Grand Cherokee model 2014 hingga 2015. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here