Gaikindo: Impor Mobil Mulai Membaik Kuartal II

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Seiring dengan membaiknya pasar mobil di dalam negeri, maka diperkirakan kinerja impor mobil dan bagiannya akan meningkat pada kuartal II tahun ini.

Hal itu didasarkan pada proyeksi yang disampaikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang menyebutkan bahwa kinerja impor kendaraan dan bagiannya akan meningkat sekitar 5%, atau sama dengan pertumbuhan pasar domestik, mulai kuartal II 2016.

“Pergerakan impor mobil utuh akan mengikuti pasar domestik. Paling tidak, dengan proyeksi pertumbuhan kinerja impor itu akan terlihat pada kuartal kedua,” kata Ketua I Gaikindo, Yongkie D. Sugiarto di Jakarta, baru-baru ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, menurut Yongkie, terlihat kinerja impor yang membaik pada Januari dan Februari, tetapi memasuki Maret kembali merosot. Perkiraan Gaikindo, pasar domestik pada tahun ini akan mencapai 1,05 juta unit.

“Dengan volume itu, pertumbuhan hanya tipis dikarenakan pada tahun lalu penjualan tahunan hanya sekitar 1,01 juta unit. Dengan begitu, impor akan mengikuti pertumbuhan tersebut, cenderung stagnan,” papar dia.

Menurut data Gaikindo, selama Januari hingga Maret tahun ini total impor mobil utuh mencapai 22.604 unit. Dengan begitu, terjadi penurunan 5,9% dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 24.036 unit.

Selain itu, impor mobil utuh melanjutkan tren penurunan sejak tiga tahun lalu. Sebab pada 2013, volume impor mobil utuh masih bertahan di kisaran 32.801 unit selama triwulan pertama. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here