Kecelakaan Mobil Jadi Pembunuh Nomer Satu Para Remaja

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kecelakaan lalu lintas saat ini menjadi perhatian banyak kalangan, terlebih seiring dengan semakin meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor di masing-masing negara. Tak terkecuali kecelakaan lalin di Amerika Serikat, yang kini menjadi pembunuh nomer satu dikalangan para remaja.

Berdasarkan hasil survai yang dilakukan Global Youth Traffic Safety Month, kecenderungan labil dan gangguan eksternal menjadi penyebab utama kecelakaan pada remaja. Sebab saat berkendara, tidak jarang mereka kerap bepergian bersama teman sebayanya.

The National Safety Council Amerika Serikat menyatakan, remaja yang bepergian bersama temannya saat berkendara berpotensi mengalami kecelakaan hingga 44 persen. Selain itu, waktu kecelakaan yang paling sering terjadi adalah pada malam hari, demikian seperti dilansir Inautonews.

Uniknya lebih dari setengah kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya para remaja tersebut lebih disebabkan akibat tidak menggunakan sabuk pengaman atau seat belt. Padahal seperti diketahui penggunaan sabuk pengaman dapat meminimalisir dampak dari kecelakaan.

The National Safety Council meminta orang tua yang memiliki remaja untuk lebih berhati-hati dan selalu mengawasi anaknya saat mengemudi. Bahkan badan keamanan nasional tersebut menyatakan perlunya peningkatan syarat mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Sementara itu di Indonesia sendiri, tingkat kecelakaan masih menjadi perhatian khusus pemerintah. Bahkan tahun depan, Kementerian Perhubungan tengah menganggarkan hingga Rp12 triliun untuk keselamatan transportasi.

“Meski tergolong mengkhawatirkan, namun kecelakaan lalu lintas di Indonesia hingga minggu kedua Desember tahun lalu terbilang menurun dibandingkan tahun 2014. Hingga Desember 2015, total angka kecelakaan sebanyak 26 ribu jiwa sedangkan tahun 2014 mencapai 28.264 unit.

Pemerintah kabarnya kini menerapkan metode bulan tertib lalu lintas secara tematik. Hal tersebut dianggap cukup efektif dan dapat menurunkan fatalitas kecelakaan yang menyebabkan kematian,” papar dia.

“Di masa mendatang diharapkan dengan adanya tema setiap pencegahan lalu lintas tersebut dapat menurunkan angka kecelakaan di Indonesia,” pungkasnya.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here