Ini Alasan Isuzu Belum Mau Ekspor Truk Buatan Indonesia

RAJAMOBIL.COM, Karawang – Isuzu tahun ini mulai memproduksi truk di Indonesia seiring dengan beroperasinya pabrik baru mereka di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Namun sayangnya pabrik yang memiliki kapasitas produksi hingga 52 ribu unit per tahun tersebut hanya untuk dipasarkan di dalam negeri saja. Lantas apa alasan Isuzu tidak melakukan ekspor kendaraan yang produksi di Indonesia?

Menurut Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Keiji Takeda, saat ini Isuzu tengah fokus terlebih dulu untuk mengembangkan pasar mereka di Tanah Air.

“Saat ini kami tengah fokus untuk melakukan pengembangan di Indonesia. Ini dibuktikan dengan peluncuran NMR 71 yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di Indonesia,” terang Takeda di Karawang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Takeda menyatakan bahwa memang terdapat perbedaan antara kebutuhan di negera lain jika dibandingkan dengan Indonesia.

“Indonesia itu merupakan pasar yang unik, jadi kami melakukan study khusus setiap produk kami, jika produksi ini (ELF NMR 71) cocok untuk pasar Indonesia, tapi belum tentu barang yang sama diekspor ke negara lain juga cocok,” tambahnya.

Namun Takeda mengungkapkan tidak menutup kemungkinan Isuzu akan melakukan ekspor kendaraan yang mereka produksi di Karawang. Sebagai informasi, pabrik Isuzu di Karawang saat ini memproduksi dua model kendaraan, yaitu ELF dan Giga. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here