Mengulik Spesifikasi Performa Mesin BMW M140i

Autocar
RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Seperti Porsche, BMW juga tak terlalu sering mengutak-atik formula yang diraciknya, seperti misalnya sistem gerak roda belakang pada Seri 1.
Untuk BMW Seri 1 adalah satu-satunya hatchback dengan sistem rear-wheel-drive yang menggendong mesin segaris enam silinder yang belum pernah berubah formulanya sejak generasi pertama diluncurkan. Tapi pada 2016 ini, BMW menyiapkan Seri 1 versi terbaru bernama M140i, yang akan menggantikan M135i dan akan diluncurkan baik dalam tiga atau lima pintu.
Untuk urusan mesin, BMW termasuk pabrikan yang ‘pelit’, yaitu tak suka mencangkokkan mesin turbo baru untuk setiap model kendaraannya. Contohnya, meski tahun lalu lahir versi facelift dari Seri 1, tapi untuk mesinnya tetap sama. Sama seperti M135i, M140i mengusung mesin 3.0 liter dengan turbocharger tunggal dan direct injection. Tapi meski demikian, tenaga untuk varian baru didongkrak 14 Hp menjadi 340 Hp.
Dengan pembaruan ini, berarti hatchback Seri 1 tiga atau lima pintu memiliki tenaga yang sama dengan BMW Seri 1 M Coupe, yang dibangun antara 2011 hingga 2012. Tak dibayangkan bagaimana hatchback ini bisa meladeni Audi RS3, Mercedes-AMG A45 atau Ford Focus RS di ajang drag race. Tapi BMW tetap yakin bahwa penambahan tenaga hanya 14 Hp sudah cukup untuk memangkas waktu 0,3 detik saat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam bagi M135i.
Menurut catatan Detroit News, BMW M140i mampu menembus kecepatan 100 km/jam dari posisi diam dalam waktu 4,8 detik dengan girboks standar manual 6 percepatan atau 4,6 detik untuk varian yang memakai transmisi Steptronic Sport delapan percepatan. Jika fitur xDrive juga diaktifkan, maka waktu tempuhnya bakal terpangkas lagi menjadi 4,4 detik.
Kelebihan lainnya, mesin anyar 3.0 liter disebut-sebut lebih irit sekitar 7%, tergantung pada tipenya. Rata-rata konsumsi BBM-nya adalah 7,8 liler per 100 km, dengan kadar emisi CO2 sebesar 179 g/km. Tak terlalu istimewa memang, tapi setidaknya ada peningkatan meski kecil. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here