Google Patenkan Kap Mesin Bisa ‘Tangkap’ Pejalan Kaki

wheels24
RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Google mematenkan kap mesin yang dapat ‘menangkap’ pejalan kaki saat ditabrak mobil. Teknologi ini untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki.
Seperti dilansir The Verge, teknologi ini dirancang agar pejalan kaki yang ditabrak langsung menempel di kap mesin, sehingga tidak terjatuh atau melayang, sehingga dapat mencegah cedera lebih parah pada korban.
Dalam dokumen paten disebutkan bahwa cedera terparah yang dialami pejalan kaki saat ditabrak mobil adalah terpental dan kemudian terbentur dengan objek lain atau permukaan aspal, sehingga dapat menambah parah cederanya.
Untuk menghindari kap mesin berteknologi anyar itu ditempeli banyak seranggga atau batu kerikil, Google memiliki solusinya, yaitu dengan melapisi permukaan kap mesin yang memiliki daya rekat itu dengan lapisan khusus. Lapisan tersebut akan pecah atau rusak ketika ada pejalan kaki menempel di sana.
Selain dapat menyelamatkan nyawa pejakan kaki yang tertabrak, Google juga mengatakan bahwa kap mesin miliknya dapat ‘menangkap’ serpihan yang beterbangan sehingga tidak sampai mengenai mobil lain atau orang di sekitar mobil.
Menurut Google, sistem baru ini dapat bekerja baik di semua jenis kendaraan, meski akan sangat bermanfaat diterapkan pada mobil berteknologi otonom. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here