Ultah ke-70, Honda Bakal Lahirkan S2000 Anyar?

Car and Driver
RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Bicara soal mobil sport Honda seperti tak ada habisnya. Nah, memasuki ulang tahun ke-70, pabrikan mobil Jepang ini kabarnya akan merilis mobil sport anyar.
Banyak penggemar Honda, khususnya di Amerika, yang bertanya-tanya mobil sport apa yang akan diluncurkan untuk merayakan hari jadi ke-70 tahun. Spekulasi yang menyeruak adalah kelahiran kembali roadster S2000, yang diprediksi hadir pada 2018.
Kelahiran model anyar setiap merayakan ulang tahun itu seperti sudah menjadi budaya bagi Honda. Saat merayakan ulang tahun ke-50 pada 1998, Honda merilis model S2000. Dan untuk ulang tahun ke-70, bisa jadi Honda akan merilis sebuah mobil model baru dan sebuah sepeda motor.
“Untuk motor baru, akan lahir RC213V-S versi jalan raya. Sementara untuk mobil, akan ada sesuatu yang spesial. Dari sisi dimensi mirip dengan Mazda MX-5 Miata, tapi model Honda ini lebih bertenaga,” kata seorang sumber Honda seperti dilansir Car And Driver.
Tapi ada yang skeptis dengan kemungkinan kelahiran S2000 versi baru. Pasalnya, Honda belum punya platform untuk mobil sport kompak berpenggerak roda belakang. Namun orang dalam Honda mengatakan bahwa Honda sudah membuktikan dengan coupe mini S660 dan supercar all-new NSX. “Itu berarti ada peluang lahirnya S2000 baru, karena Honda mampu membuat platform unik yang didedikasikan untuk model tertentu,” ucap sumber tersebut.
Jika demikian, mungkin benar dengan apa yang dikatakan salah satu eksekutif Acura di ajang Detroit auto show 2014 lalu. Ketika ditanya apakah ada rencana Honda melahirkan mobil sport yang diposisikan di bawah NSX, eksekutif tersebut menyatakan pihaknya ingin ada model seperti itu, tapi untuk kelahirannya bukan sebelum 2017.
Kemungkinan akan lahirnya model sport baru dari Honda cukup terbuka jika melihat sosok konsep Precision dari Acura yang diperkenalkan pada ajang Detroit show tahun ini. Menggunakan platform berpenggerak roda belakang, konsep ini bisa menggendong mesin depan 2.0-liter turbocharged, yang dipadu dengan motor listrik untuk menambah tenaga pada roda belakang dan dua motor listrik di roda depan untuk disandingkan dengan torque-vectoring system.
Sementara untuk S2000 generasi baru, kemungkinan akan mengusung mesin milik Civic Type R, yakni mesin 2.0-liter turbo. Mesin ini dibuat di AS, demikian juga dengan penerus S2000. Dan untuk menekan biaya, Honda akan memproduksi model anyar tersebut bersamaan dengan NSX di Performance Manufacturing Center, Ohio. Kita tunggu saja apakah roadster seksi ini benar-benar akan hadir kembali ke dUNIA. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here