Mazda Mau Produksi Konsep RX-Vision Asalkan…

Dok. Mazda
RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tak dimungkiri kemunculan konsep Mazda RX-Vision tahun lalu telah menggemparkan dunia otomotif dunia. Pasalnya, konsep ini memiliki desain apik.
Tak berlebihan jika kemudian Mazda RX-Vision dinobatkan sebagai mobil konsep terbaik dunia pada 2015 lalu. Setelah itu merebak spekulasi bahwa konsep tersebut akan menjadi penerus dari mobil sport Mazda RX-7 atau RX-8.
Namun demikian, masih banyak yang bertanya-tanya apakah Mazda hanya akan membuat RX-Vision sebagai kendaraan konsep atau akan masuk lini produksi. Patut diakui bahwa akan banyak yang menginginkan RX-Vision menjadi mobil versi produksi, tak terkecuali Mazda sendiri.
Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah jika kelak Mazda RX-Vision sudah diproduksi akan laris manis. Ini jelas pertanyaan yang sulit dijawab. Terlebih jika melihat rekam jejak RX-8 yang kurang peminat di banyak negara.
Mencoba meredam segala spekulasi terkait dengan Mazda RX-Vision, direktur desain Mazda, Kevin Rice, mengatakan kepada Top Gear bahwa konsep RX-Vision bisa saja diproduksi asalkan ada yang membeli.
“Sebenarnya di Mazda, kami terus mengembangkannya (RX-Vision), dan ketika dunia sudah siap untuk membeli mobil bermesin rotary lainnya, kami sudah siap untuk memenuhinya,” tegas Rice.
Rice membenarkan bahwa kap mesin RX-Vision dirancang khusus untuk menampung mesin jenis tertentu, yang tentu saja itu adalah mesin rotary yang pernah dipakai Mazda pada RX-7 dan RX-8.
“Tak ada pihak lain yang ingin mengembangkan mesin rotary. Kami masih terus mengembangkan mesin jenis ini dan kami tidak akan berhenti untuk terus melakukan pengembangan. Kami tidak akan berhenti hanya pada RX-8,” katanya.
Sebenarnya, pernyataan Rice itu menyiratkan keinginan Mazda agar mesin rotary buatannya masih dilirik konsumen. Mazda hanya ingin memastikan orang akan mau membeli mobil bermesin rotary, bukan hanya konsep RX-Vision itu sendiri.
Kalau soal desain RX-Vision, Mazda tak akan meragukannya. Itu terlihat ketika pengunjung ajang Concorso d’Eleganza Villa D’Este lebih banyak mengerubungi RX-Vision meski di sana ada Lamborghini, Ferrari dan Aston Martin. Fakta itu kian menguatkan bahwa orang pasti suka dengan gaya desain konsep RX-Vision, tapi belum tentu untuk mesin rotary. [yog]
Dapatkan penawaran khusus mobil Mazda, Pada tautan berikut ini.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here