Wah…VW Bakal ‘Kubur’ 40 Model Kendaraan

yogi megah perkasa

RAJAMOBIL.COM, Wolfsburg – Manajemen Volkswagen memutuskan untuk mengubur 40 dari sekitar 340 model yang dimiliki sekarang.

Raksasa otomotif Jerman ini sekarang memiliki sejumlah merrk, seperti VW, Porsche, dan Audi. Belum lagi merek truk besar, yakni MAN dan Scania.

Keputusan itu sebagai imbas dari skandal penipuan data konsumsi mesin, yang telah memukul reputasi pabrikan otomotif terbesar dunia ini yang menguasai 24% pasar Uni Eropa. Skandal memalukan itu sendiri telah merugikan VW triliunan rupiah.

Menurut suratkabar Jerman, Handelsblaat, pemangkasan jumlah model kendaraan itu sebagai bagian dari program yang dinamakan “Together–Strategy 2025”. Disebutkan juga bahwa VW bakal fokus untuk mengembangkan mobil listrik dan otonom.

Namun program tersebut dinilai sebagian analis tidak akan mudah dilakukan VW. Pasalnya, reputasi besar VW sudah runtuh, terutama untuk kendaraan diesel mereka. Terlihat dari anjloknya penjualan di sejumlah negara. Tak hanya itu, beberapa negara juga melakukan investigasi terhadap emisi kendaraan VW. Belum lagi gugatan hukum yang mungkin belum akan terselesaikan hingga akhir dasawarsa ini. Itu adalah masalah pertama.

Untuk problem kedua adalah kombinasi dari berbagai faktor yang akan menghambat penjualan mobil listrik dan mobil otonom. Apalagi di sektor ini VW masih dinilai anak bawang jika dibandingkan Tesla. Terlebih jika harga minyak dunia masih rendah, maka konsumen masih akan melirik mobil konvensional.

Di segmen ini VW juga akan bersaing dengan hampir semua pabrikan besar yang kini berlomba mengembangkan mobil listrik dan otonom. Meskipun misalnya penjualan VW sukses, sesaknya pasar bakal mengurangi marjin keuntungan, yang juga akan dialami semua pabrikan.

Tapi untungnya VW memiliki penjualan impresif di Uni Eropa dan China, sehingga diharapkan masih dapat membantu tercapainya program jangka panjang itu. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Volkswagen? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here