Ingin Kalahkan Thailand, Kualitas BBM Indonesia Harus Euro 4

Yogi Megah Perkasa

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kualitas bahan bakar yang ada di Indonesia saat ini baru mencapai Euro 2 dan masih tertinggal dibanding dengan negara lain di kawasan ASEAN. Sebagai pembanding, Thailand kini telah menetapkan standar bahan bakar Euro 5 dan Singapura Euro 5.

Untuk itu, Pemerintah kini berusaha untuk meningkatkan standar bahan bakar Indonesia menjadi Euro 4. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

“Saya baru saja meminta kepada Menteri Perindustrian untuk mengkaji, salah satunya pertimbangkan Euro 4 untuk segera di kaji di Indonesia. Hal ini untuk diterapkan di Indonesia agar itu jadi bagian industri kita,” papar Jusuf Kalla, di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD Tangerang, Kamis (11/8).

Jusuf Kalla membandingkan, industri otomotif Indonesia dengan negara lain. Menurutnya, Indonesia masih kalah dibanding Thailand dan bila ingin maju, peningkatan bahan bakar menjadi salah satu acuannya.

Menanggapi permintaan tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menyatakan, bahwa pihaknya memang tengah mengkaji hal tersebut.

“Euro 4 kami telah bahas dengan ESDM (Kementrian Ekonomi Sumber Daya Manusia) terkait itu. Dan kami minta supaya Pertamina bisa menyiapkan pada 2019 dan 2020 mendatang,” terang Airlangga di tempat yang sama. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here