Singapura yang Pertama di Dunia Punya Taksi Otonom

AP

RAJAMOBIL.COM, Singapura – Di tengah hingar bingar uji coba kendaraan otonom alias tanpa pengemudi di Amerika dan Eropa, Singapura ternyata menjadi negara pertama di dunia yang mengoperasikan taksi tanpa sopir.

Seperti dilaporkan Associated Press, taksi otonom itu baru dalam tahap uji coba di jalan umum Singapura dengan area yang juga masih terbatas. Layanan yang disebut sebagai “robo-taxi” itu dioperasikan di kawasan bisnis berteknologi tinggi di wilayah barat Negeri Singa. Perusahaan bernama nuTonomy bertindak sebagai pengembagan taksi otonom tersebut sekaligus sebagai penanggungjawab dalam uji coba di jalan umum sejak April lalu.

Menurut nuTonomy, pihaknya mengundang sejumlah warga Singapura untuk menggunakan aplikasi smartphone agar dapat mengendarai gratis layanan taksi otonom. Langkah tersebut untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait taksi otonom sebelum resmi diluncurkan pada 2018 mendatang di Singapura.

“Melalui serangkaian uji coba, nuTonomy akan mengumpulkan dan mengevaluasi data penting terkait dengan kinerja sistem software, efisiensi kendaraan, proses pemesanan dan pengalaman penumpang secara keseluruhan,” kata nuTonomy melalui pernyataan tertulisnya.

Untuk kendaraan yang dipakai adalah kendaraan listrik Renault Zoe atau Mitsubishi i-MiEV, yang dilengkapi teknologi otonom racikan nuTonomy. Selama ujicoba, insinyur nuTonomy juga disertakan gua mengobservasi kinerja sistem dan mengambil alih kendali mobil jika diperlukan.

Doug Parker, chief operating officer nuTonomy, mengatakan dengan keberadaan taksi otonom, diharapkan jumlah mobil yang berseliweran di jalanan Singapura dapat dikurangi dari 900.000 menjadi 300.000 unit saja.

Dalam proyek ini, nuTonomy terpilih dalam seleksi yang dilakukan Singapore Land Transport Authority (LTA) sebagai mitra pengembangan dan riset untuk mendukung pengembangan layanan kendaraan umum berteknologi otonom di negeri jiran tersebut.

Selain di Singapura, nuTonomy juga mengoperasikan mobil otonom di Michigan, AS, dan Inggris, dengan melakukan pengujian software bersama sejumlah pabrikan mobil terkemuka dunia, seperti Jaguar Land Rover. [yog]

Ingin mendapatkan penawaran menarik mobil baru idaman anda? klik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here