Kelalaian Manusia Menjadi Faktor Terbesar Penyebab Kecelakaan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kecelakaan di jalan raya menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, kecelakaan lalu lintas dianggap menyumbang angka kematian tertinggi nomer tiga setelah penyakit jantung dan stroke.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Vivi Evertina Product Development Spesialist Asuransi Astra. Diungkapkan Vivi, 66 persen persen diantaranya penyebab kecelakaan adalah kesalahan manusia sendiri.

“Kecelakaan di jalan raya hingga menyebabkan kematian itu menempati posisi tiga penyebab kematian. Sementara penyebab kecelakaan 66% itu disebabkan human error,” terang Vivi dalam workshop yang digelar Asuransi Astra yang bekerja sama dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), di Jakarta, Rabu (31/8).

Selanjutnya menurut Vivi 13% disebabkan oleh prasarana jalan yang kurang baik, 10% dikarenakan kelaikan jalan, 10% kelaiakan kendaraan dan terakhir hanya 1% yang disebabkan akibat faktor alam.

“Jadi walaupun kita rajin service mobilnya, menaati peraturan, tapi kita mengabaikan tetap menyetir pada saat mengantuk atau sambil bermain game itu kan membahayakan, bisa jadi faktor kecelakaan dan meninggal di jalan raya,” ungkap Vivi.

Untuk itu, Vivi menyatakan perlunya mengelola dengan baik etika berkendara dan mengantisipasi sebelum terjadinya kecelakaan. Salah satunya ialah dengan waspada dan selalu dalam kondisi prima saat berkendara.

Sementara cara lain ialah menyiapkan asuransi apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Seperti Asuransi Astra yang hadir melalui produknya Garda Oto untuk solusi untuk melindungi mobil dan jiwa Anda.

“Dengan adanya produk asuransi, mungkin anda tidak perlu pusing apabila terjadi sesuatu yang tidak diingingkan kan di jalan raya. Asuransi kendaraan bermotor itu produk yang memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis resiko, contohnya tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan orang jahat, pencurian dengan kekerasan dan kebakaran,” pungkas Vivi. [yog]

Tertarik dengan harga penawaran terbaik mobil baru idaman anda? klik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here