Untuk Penjualan Mobil Hijau, Toyota Prius Tetap Juaranya

Toyota

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Penjualan mobil ramah lingkungan yang meliputi hybrid, plug-in hybrid dan listrik di Amerika Serikat selama September dikuasai oleh produk milik Toyota Motor Corp, yakni Prius.

Toyota mengklaim menguasai lebih dari 68% penjualan mobil hybrid di AS. Tak mengejutkan karena Prius adalah mobil hybrid produksi massal pertama yang dipasarkan di dunia, dengan pertama kali dipasarkan di Jepang pada 1997 dan kemudian meluas ke sejumlah negara di dunia pada 2000.

Namun, meski Prius selalu menguasai penjualan di segmen hybrid, secara volume penjualan model ini justru mengalami penurunan. Penjualan Prius liftback, model hybrid terlaris Toyota, turun 3,8% secara bulanan pada September dan 1,6% secara tahunan (year-over-year). Selama tahun ini, penjualan model ini merosot 8,6%. Model Prius liftback sendiri mendominasi segmen hybrid di AS dengan pangsa pasar 31,3%.

Data yang dirangkum HybridCars.com juga menyebutkan bahwa Ford Fusion berada di peringkat ketiga dalam penjualan di segmen hybrid, kalah dari Toyota RAV4 hybrid, yang menguasai 12% pangsa pasar. Fusion hybrid mencatat kenaikan penjualan 25,8% secara bulanan (month over month) dan 88,6% (year over year). Untuk tahun ini, penjualan Fusion hybrid tumbuh 13%.

Kembali ke Prius Liftback, HybridCars.com mencatat penjualan model ini berada di kisaran 8.000 hingga 10.000 per bulan, tapi ini di bawah ekspektasi dan di bawah raihan tahun lalu. Sementara penjualan Prius C dan Prius V juga stabil, meski tak terlalu signifikan pertumbuhannya.

Berbeda dengan New RAV4 hybrid yang terus menunjukkan geliatnya, dengan raihan penjualan di kisaran 4.000 hingga 5.000 unit per bulan. Sedangkan penjualan Camry hybrid kurang begitu mulus, atau sama saja dengan model Camry bermesin konvensional.

Untuk segmen plug-in hybrid (PHEV), juaranya adalah model lansiran General Motors Co., yakni Chevrolet Volt dengan angka penjualan 2.031 unit pada September, atau turun 2,4% secara bulanan (month over month), tapi melonjak 114% secara tahunan (year over year). Selama 2016, penjualan Volt melonjak 76%.

Di segmen mobil listrik, Tesla Motors Inc. memimpin penjualan dengan estimasi 4.100 unit untuk sedan Model S dan 2.600 unit untuk SUV Model X pada September. Kedua model itu meraih sekitar 87% dari total penjualan di segmen mobil listrik selama September.

Membuntuti Tesla adalah Nissan Leaf, yang meraih penjualan 1.316 unit pada September. Angka itu naik 23,5% secara bulanan dan 5,5% secara tahunan. Namun selama 2016, penjualan Leaf melorot 32,2%. [yog]

Tertarik dengan mobil baru Toyota? Jangan ketinggalan penawaran menarik di sini !

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here