Toyota-Suzuki Jalin Aliansi Bidang Litbang

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Bagi Toyota, tak cukup rasanya hanya dengan mengakuisisi penuh saham Daihatsu. Raksasa otomotif Jepang ini kini menggandeng Suzuki yang notabene adalah rival berat Daihatsu.

Kesepakatan aliansi di bidang penelitian dan pengembangan itu diwakili oleh Chairman Suzuki Motor Corporation, Osamu Suzuki, dan Presiden Toyota, Akio Toyoda, yang bertempat di markas Toyota di Tokyo, Rabu (12/10), seperti dilansir Associated Press.

Toyoda menyebut bahwa dengan semakin gencarnya kelahiran teknologi canggih, tentu sulit bagi perusahaan besar dan kecil bila hanya bekerja sendiri agar tetap kompetitif. Untuk itu, Toyota tak menutup pintu bagi Suzuki yang mengajukan proposal kerjasama.

“Kami menerima tawaran dari Suzuki terkait dengan kolaborasi di bidang teknologi canggih di masa mendatang, seperti teknologi informasi. Kita tahu Toyota juga menghadapi banyak tantangan untuk terus dapat bersaing di industri otomotif. Dan dengan kerjasama ini, kami berharap dapat membantu mengatasi segala tantangan tersebut,” kata Toyoda.

Di masa mendatang, Daihatsu masih akan menjadi ‘senjata’ bagi Toyota untuk masuk ke pasar negara berkembang. Tapi kini Toyota juga dapat mengakses pengetahuan Suzuki dalam pengembangan mobil kecil.

Toyota dan Suzuki mengatakan bahwa mereka akan tetap bersaing di bidang yang lain, seraya berharap ada pabrikan lain yang mau bergabung dalam kolaborasi itu untuk membantu mempercepat pencapaian standar teknologi di industri otomotif.

Perlu diketahui, Toyota selama ini dinilai ‘gagal’ dalam melakukan penetrasi di segmen mobil kecil. Contohnya adalah Toyota Etios yang gagal bersaing dengan Suzuki, Hyundai dan Honda di pasar India karena dinilai kurang kompetitif dari sisi harga dan fitur. [yog]

Tertarik dengan mobil Toyota? klik penawaran di sini ! atau tertarik dengan Suzuki? jangan lewatkan juga penawaran di sini !

1 KOMENTAR

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here