Perodua Axia ‘ Kembaran ‘ Ayla di Malaysia, Pakai Mesin Sigra

Penampakan Perodua Axia facelift yang muncul di dunia maya sedang menjadi viral dikalangan otomotif Malaysia. Seperti diketahui Axia facelift merupakan kembaran atau mengambil basis dari model LCGC  Agya-Ayla di Indonesia.

Terlihat digambar Perodua Axia mengalami perubahan baik di eksterior maupun interior termasuk fitur-fitur yang diaplikasikan. Seperti push start/stop button, keyless entry, dan sistem multimedia dengan fitur Smartlink.

Perodua Axia mendapat fitur penambahan yang mewah pada mobil Malaysia ini karena mobil tersebut bukan menjadi bagian dari program insentif pemerintah soal mobil murah atau LCGC yang diterapkan di Indonesia.

Pada sistem dapur pacu Axia facelift akan ditanamkan mesin baru berkapasitas 1.000 cc 1KR- VE berteknologi VVT-I, yang sebelumnya menggunakan mesin jenis 1KR-FE.  Mesin 1.0-liter 1KR-VE VVT-i merupakan pengembangan dari milik Ayla yang dipasangkan ke Daihatsu Sigra. Mesin ini memang diklaim lebih bertenaga dibanding 1KR-DE (Ayla), apalagi dengan dukungan teknologi Variable Valve Timing-intellegece.

Menurut penghitungan di atas kertas, 1KR-VE VVT-i mampu menghasilkan torsi di angka 89 Nm pada 4.400 rpm, sedangkan milik Ayla hanya memuntahkan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm.

Berlandaskan itu, apakah kemungkinan Ayla-Agya juga akan mendapatkan penyegaran pada tahun ini oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), terutama sektor pacu. Mengingat produk kembarannya di Malaysia model facelift akan dirilis pada 20 Januari nanti.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here