Komparasi : Pilih Mana Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza ?

Pilih Mana Xpander Vs Avanza

RajaMobil.com – Segmen mobil MPV yang didominasi oleh Toyota Avanza mendapat saingan dari MPV pertama Mitsubishi yakni Mitsubishi Xpander. Bagaimana tidak hanya dalam waktu kurang dari sebulan, Xpander berhasil mendapatkan 11 ribu Surat Pemesanan Kendaraan.

Sementara itu, Toyota Avanza adalah mobil mpv toyota yang mendominasi segmen mobil mpv atau 7 penumpang, bahkan avanza memiliki julukan “mobil sejuta umat”. Lalu jika disuruh memilih, anda akan Pilih Mana Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza ? Simak ulasan RajaMobil.com mengenai Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza berikut ini :

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza

dimensi mitsubishi xpander

Kita mulai mengulas spesifikasi diantara keduanya dari sisi dimensi dimana Mitsubishi Xpander unggul atas Toyota Avanza. Xpander memiliki dimensi panjang 4475mm, lebar 1750mm dan tinggi 1700, dengan ground clearance mencapai 205mm.

Sementara itu Toyota Avanza memiliki dimensi panjang 4190mm, lebar 1660mm dan tinggi 1695mm serta ground clearance 200mm.

Baca Juga : Harga dan Promo Toyota Avanza

Urusan Dapur Pacu atau Mesin, Mitsubishi Xpander dibekali mesin berkapasitas 1.5L, dengan kubikasi 1.499 cc, 16 katup yang dilengkapi dengan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVE). Teknologi tersebut mampu menghasilkan output berdaya lebih tinggi, tetapi rendah akan konsumsi bahan bakar dan gas buangnya.

Tenaga maksimal yang dihasilkan dari mesin Xpander mencapai 120 HP dan torsi maksimal sebesar 145 Nm. Transmisi MPV ini tersedia dalam dua pilihan, yakni transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Kedua powertrains memberikan dorongan dan kinerja yang handal, bahkan saat mendaki bukit yang curam dengan muatan penuh.

Dok TAM Mesin Avanza

Sementara itu, Toyota Avanza hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan juga Grand New Avanza 1.5L dengan mesin 1.500 cc. Mesin baru yang disematkan Toyota pada Avanza dapat menghadirkan pengalaman berkendara baru dengan performa mesin Dual VVT-i.

Mesin tersebut tergolong irit bahan bakar berkat pembarakan yang sempurna. Mesin tersebut memiliki tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Teknologi ini isokong dengan sistem pasokan bahan bakar EFI.

Hasilnya, Grand New Avanza mampu menghasilkan tenaga hingga 95 PS dengan putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 12,3 Nm pada 4.200 rpm.

Interior Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza

interior mitsubishi xpander

Memasuki bagian interior, Xpander yang berkapasitas 7-penumpang ini memiliki ukuran ruang kabin lebih luas dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya yang menjadikannya berbeda dengan MPV lainnya. Selain itu, terdapat tata letak yang cerdas dilengkapi oleh ruang bagasi yang lapang.

Baca Juga : Harga dan Promo Mitsubishi Xpander

Kabin baris pertama tersaji instrumen panel yang rapih, serta memiliki segala yang dibutuhkan oleh pengemudi. Desain melengkung pada bagian dashboard depan memancarkan kemewahan dan kelapangan yang memberikan tanda visual ketika berkendara pada jalan yang rusak dan bergelombang.

Pada baris ini juga terdapat banyak ruang penyimpanan besar dan kecil yang dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar, hingga smartphone dan koin. Bahkan terdapat “kotak rahasia” tersembunyi yang terletak di dalam dashboard depan.

Multi-Information Color LED display yang terdapat pada bagian tengah instrument cluster memberikan informasi kondisi kendaraan kepada pengemudi. Ketika mesin mobil dinyalakan terdapat tampilan yang menyambut pengemudi. Fitur eco-driver membantu memberikan informasi untuk menjaga bahan bakar tetap efisien pada saat berkendara.

interior toyota avanza

Sementara itu, pada bagian Interior, Toyota hadirkan konsep yang berbeda dengan Avanza generasi sebelumnya. Sentuhan baru pada kabin Grand New Avanza ialah desain dashboard yang kini terlihat lebih elegan.

Dua aksen warna yang berbeda di bagian dashboard memberikan kesan tersendiri saat berada dibagian dalam Grand New Avanza. Hadir dengan layar sentuh berukuran 6,1 inci, sistem hiburan pada Avanza ini dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetood & Ipod ready (untuk tipe 1.5G).

Untuk cluster maternya, Toyota hadirkan desain baru, New Amber Color Combimeter Design. Segala informasi serta instrumen pada mobil dapat terlihat jelas pada cluster mater mobil ini yang didesain tiga bagian serta model baru steering wheel.

Fitur Keamanan Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut :

  • Seatbelt
  • SRS Airbag
  • Rem ABS
  • Pedestrian Protection
  • Emergency Stop Signal
  • Hill Start Assist
  • Active Stability Control

Toyota Avanza dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut :

  • Dual SRS Airbag
  • 3 Point Sealtbelt
  • ISOFIX
  • ABS
  • Rear Parking Sensor

Harga Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza 

Lantas berapa harganya masing-masing MPV ini? Mitsubishi Xpander dibanderol mulai Rp 189.050.000 – 245.350.000 juta sedangkan Toyota Avanza bisa dimiliki dengan harga Rp 190.200.000 – 236.500.000 Kedua harga di atas adalah kondisi On The Road Jabodetabek per 13 September 2017.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Komparasi : Pilih Mana Mitsubishi Xpander Atau Toyota Avanza ?
Author Rating
51star1star1star1star1star

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?