RAJAMOBIL.COM,Jakarta – Rencana Ford untuk mengembangkan layanan taksi otonom kini menjadi sedikit jelas dengan pengumuman bahwa perusahaan Lyft akan berkooperasi dalam proyek ini.

Layanan taksi online maupun sejenisnya memang cukup diminati oleh berbagai kalangan karena faktor kemudahan dalam pengoperasiannya,Mulai dari murid sekolah menengah hingga pekerja dari berbagai kalangan.Dengan inovasi ini masyarakat kini tidak akan susah mencari lokasi yang belum pernah mereka kunjungi.Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat kini inovasi transportasi online mulai mengembangkan inovasinya kembali yaitu teknologi ‘self-driving’ atau kita biasa mendengarnya dengan mobil ‘autonomous’.Berbagai perusahaan mulai mematenkan inovasi ini hingga sekarang salah satunya adalah perusahaan Lyft.Baru baru ini perusahaan mobil tersohor Ford akan mengembangkan mobil ‘otonom’ ini secara ‘masif’ bersama Lyft.

Ford kini telah mengumumkan sebuah Kemitraan baru bersama Lyft ,sebuah aplikasi transportasi online yang cukup populer di kalangan masyarakat,yang dimana produsen mobil yang cukup terkenal itu mengatakan bahwa dua perusahaan ini bisa mengembangkan sistem penggerak otonom secara lebih cepat.

Ford mengatakan bahwa pekerjaan pengembangan dan investasi yang ada saat ini dalam mobil ‘self-driving’ berjalan dengan baik di samping keahlian Lyft dalam transportasi perkotaan dan basis pelanggannya yang sudah ada sebelumnya.

 

Proyek ‘Autonomous’ Ford kini sudah ‘sedikit’ jelas dengan pernyataan mitranya bersama Lyft

 

Tahun lalu, Ford menegaskan bahwa mereka bertujuan untuk menjual mobil ‘self-driving’ dengan volume yang cukup tinggi pada tahun 2021, dengan maksud untuk menciptakan layanan taksi otonom ‘on-demand’ dengan kendaraan. Langkah untuk bermitra dengan perusahaan penyewaan kendaraan seperti Lyft tampaknya menjadi langkah selanjutnya dalam visi perusahaan kendaraan otonom.

Bersama Lyft, Ford akan bekerja untuk menciptakan platform teknologi ‘self-driving’ yang mudah diintegrasikan dengan jaringan Lyft yang sudah ada sebelumnya. Kedua perusahaan ini juga akan memutuskan kota mana saja yang akan menerima layanan ini saat pertama kali diluncurkan.mudah-mudahan indonesia bisa merasakan proyek ‘autonomous’ ini.

 

Volume Layanan taksi ‘autonomous’ akan meledak pada tahun 2021

 

Ford bukan satu-satunya perusahaan mobil yang berinvestasi di Lyft. Pada awal 2016, General Motors menenggelamkan £378m ke perusahaan pengendara sepeda, sementara Uber dan Mercedes memiliki kesepakatan serupa mengenai kemitraan baru antara Ford dan Lyft.

Ford telah menenggelamkan investasi signifikan ke dalam teknologi ‘self-driving’ selama setahun terakhir serta menggandakan staf di Pusat Penelitian dan Inovasi Palo Alto. Pesawat ini telah melipatgandakan armada pengujian di AS, dengan sekitar 30 mobil Ford Fusion (di UK bernama Mondeo) yang digunakan untuk mengembangkan teknologi otonom.

Mobil ‘self-driving’ masa depan direncanakan memiliki ‘level four autonomy‘, yang berarti dapat berkendara sendiri di jalan manapun tanpa masukan atau perintah dari pengemudi, dan bahkan tidak akan memiliki setir atau pedal.

Tahun lalu, mantan CEO Ford Mark Fields membandingkan teknologinya dengan inovasi Henry Ford di awal abad 20: “Dasawarsa berikutnya akan ditentukan oleh otomatisasi mobil, dan kita melihat kendaraan otonom memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat seperti Jalur perakitan Ford yang berjalan 100 tahun yang lalu.

“Kami berdedikasi untuk menempatkan di jalan sebuah kendaraan otonom yang dapat meningkatkan keselamatan dan mengatasi tantangan sosial dan lingkungan bagi jutaan orang – tidak hanya mereka yang mampu membeli kendaraan mewah.” ujar CEO Ford.

Mark Fields ,Mantan CEO Ford yang menegaskan bahwa masa depan akan lebih aman dengan hadirnya mobil ‘autonomous’

 

Jalan Ford menuju proyek mobil otonom melibatkan investasi dan penelitian dengan beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada teknologi mobil yang akan datang seperti LiDAR, kecerdasan buatan dan pemetaan termasuk Velodyne, SAIPS dan Civil Maps.

 

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here