RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Suzuki Baleno mengawali karirnya dalam segmen sedan kompak, dimana Suzuki Baleno telah berada di Indonesia sejak tahun 1996. Tepat pada bulan Agustus lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi memperkenalkan generasi keempat dari Suzuki Baleno yang telah banyak diminati di seluruh Indonesia.

Generasi Suzui Baleno terbaru ini telah banyak mengalami berbagai perkembangan, dimana Suzuki Baleno akan memberikan kesan yang flashy, premium dan nyaman. Menggunakan Platform terbaru HEARTECT, Suzuki Baleno tampil lebih dinamis dan stabil untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

EKSTERIOR

Eksterior Suzuki Baleno Hatchback / Prasetyoandi

Pada desain ekterior, Baleno memiliki gaya yang elegan dan bertenaga dengan tema “Liquid Flow” yang dikombinasikan dengan velg berukuran 16 inci dan profil berukuran 195/55 R16 yang membuat Suzuki Baleno terlihat sangat Sporty. Untuk sisi pengcahayaan, Suzuki Baleno Hatchback sudah dibekali lampu Projector HID yang membuat penglihatan pengemudi lebih jelas dengan sinar terang dan jangkauan lebih luas. Selain itu, masih di sisi pencahayaan juga disematkan Daytime Running Light (DRL) yang membuat lebih mudah dikenali dari sisi kejauhan.

Terdapat sentuhan modern dari Suzuki Baleno Hatchback, detail krom bisa ditemukan pada logo, grill, pegangan pintu, sampai hiasan pintu bagasi, serta emblem dari Baleno itu sendiri. Lampu kombinasi bagian belakang juga menggunakan LED, termasuk pada High Mount Stop Lamp pada bagian spoiler. Sensor parkir juga disematkan dan menjadi standard untuk menyempurnakan penampilannya.

Suzuki Baleno dibekali dimensi kompak, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm. Untuk jarak tempuh roda mencapai 2.520 mm dengan radius putar 4,9 meter. Ukuran dimensi tersebut membuat Suzuki Baleno Hatchback lebih lincah dalam bermanuver, bahkan pada tempat parkir yang pada sekalipun.

INTERIOR

Interior Suzuki Baleno Hatchback / Prasetyoandi

Memasuki bagian interior, pengemudi akan disuguhkan kemudahan saat memasuki kabin dari Suzuki Baleno dengan adanya Entry Keyless. Hanya dengan menekan tombol berwarna hitam pada bagian gagang pintu kemudi untuk membuka atau mengunci Suzuki Baleno. Untuk menyalakan mesin, cukup dengan menekan tombol Engine Start pada sisi kanan stir kemudi dengan menginjak pedal kopling untuk transmisi manual dan pedal rem untuk transmisi otomatis.

Kenyamanan dan keanggunan kabin menjadi bagian dari Suzuki Baleno, dimana desainer interior Suzuki berusaha memaksimalkan segala bentuknya agar lebih mewah namun tetap sporty dan elegan. Hal tersebut terbukti dari garis dashboard yang terlihat tersusu sejajar dan dominasi. Untuk sistem audio yang terintegrasi dan stir berbalut kulit dengan Audio Switches Control dan Bluetooth Connection.

Suzuki Baleno dibekali fitur kemudi dengan tilt steering dan telescopic steering. Kursi pengemudi juga dilengkapi dengan height adjuster, selain sistem reclining. Bahan jok Suzuki Baleno diselimuti material fabric, dengan sandaran lengan di sisi kursi pengemudi untuk meningkatkan kenyamanan pada saat berkedara.

Perangkat audio 2DIN pada Suzuki Baleno yang terintegrasi dengan dashboard meliputi koneksi AM/FM, Audio CD/MP3/USB, Bluetooth lengkap dengan empat speaker dan dua tweeter yang membuat hiburan di dalam Suzuki Baleno. Pada bagian dashboard juga terdapat fitur Auto Climate A/C with Heater yang berguna untuk mengatur suhu kabin secara otomatis untuk ditampilkan pada layar digital, sehingga menjadikannya sebagai fitur dashboard yang hebat.

Kenyamanan kabin juga terjaga dengan adanya kait pengaman baby car seat atau ISOFIX. konsol atau ruang penyimpanan pada Suzuki Baleno juga sangat berlimpah, ada banyak tempat untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti koin, botol, sampai majalah sekalipun. Memasuki bagasi, Suzuki Baleno memiliki kapasitas bagasi 355 liter yang dapat menampung berbagai barang, jika ukuran tersebut masih kurang, jok bagian belakang bisa dilipat dengan konfigurasi 60 : 40.

MESIN

Mesin K14B Suzuki Baleno Hatchback / prasetyoandi

Dapur pacu Suzuki Baleno didukung dengan mesin tipe K14B, dengan konfigurasi 4-silinder segaris berkapasitas 1.373 cc, 16 katup, DOHC, VVT, MPI. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 92,4 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 130 Nm pada 4.200 rpm.

Bahan aluminium pilihan pada mesin membuatnya mencapai potensi optimum lebih cepat dan membuatnya lebih mudah melepaskan panas untuk meningkatkan efisiensi dalam konsumsi bahan bakar. Hasil uji konsumsi bahan bakar Suzuki Baleno dengan transmisi manual mampu menembus 22,17 km/liter, sedangkan untuk transmisi otomatis bisa menembus 20,66 km/liter, dengan kapasitas tangki bahan bakar 37 liter. Data tersebut sesuai perhitungan Uji Termodinamika Pusat Teknologi Motor & Propulsi (balai teknologi termodinamika motor & propulsi / BT2MP) Januari 2017.

1. HID Projector Headlamps with DRL

2. Fog lamps

3. Chrome Curve Front Grille

4. Outer Mirror with Turn Signal Lamps

5. Chrome Door Handle with Entry Keyless Button

6. Liquid Flow Design

7. Sporty Elegant Alloy Wheel 195/55 R16

8. Side Body Moulding

9. Rear Sporty Bumper

10. LED Rear Combination Lamps

11. Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp

12. Rear Wiper

13. Front Cabin

14. Steering Wheel with Tilt & Telescopic Steering

15. Attractive Multi Information Display

16. Bluetooh Phone Connection

17. Switch Audio Control

18. Wiper Knob

19. Air Circulation

20. Auto Climate A/C with Heater Control

21. Engine Start / Stop Button

22. Automatic Transmission with Over Drive Button

23. AUX USB & Socket 12V / 120W

24. Switch Control Power Window

25. Door Trim

26. Rear Cabin

27. Rear Socket 12V / 120W

 

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?