4 Syarat Ingin Kredit Mobil Baru yang Harus Diketahui

RajaMobil.com – Sarana transportasi berupa mobil kini semakin dibutuhkan untuk menunjang keperluan masyarakat. Sayangnya harga dari sebuah mobil terbaru masih terbilang mahal, terlebih lagi kini banyak varian mobil baru masih membanderol harga terbilang tinggi yang sangat sulit dijangkau oleh pembeli. Akan tetapi kini ada sistem pembelian kredit dimana mampu memberi kemudahan kepada konsumen. Fasilitas cicilan mobil baru kini sudah ada di berbagai jenis mobil di Indonesia, namun Anda wajib mengetahui seperti apa persyaratan kredit mobil baru yang sekarang banyak menjadi masalah.

Permasalahan soal kredit mobil baru sebenarnya sudah lama terdengar, karena memang tak mudah untuk memahami apa saja syarat-syarat penting untuk mendapatkan mobil baru secara kredit. Langsung saja kita ulas mengenai persyaratan penting dari proses kredit mobil baru. Berikut ini ulasan tersebut:

  1. Tentukan Pilihan Mobil Baru

Dalam proses kredit mobil baru sebaiknya cek dahulu tipe mobil baru apa yang Anda inginkan. Pilihan tipe merk, warna, ukuran, sampai kapasitas mobil akan menentukan harga pembeliannya. Kenapa pemilihan mobil menjadi paling penting dalam persyaratan kredit, karena memang bermanfaat untuk mempersingkat proses persetujuan kredit. Dari pihak dealer hingga lembaga pembiayaan sendiri akan mengetahui kebutuhan Anda ataupun alasan kuat menginginkan mobil baru.

2. Sesuaikan Anggaran

Dari tipe kredit akan membuat stabilitas keuangan rumah tangga Anda sedikit berkurang. Perhatikan dari periode cicilan kredit yang akan dipilih baik dari satu tahun ataupun lebih. Bila kriteria mobil sudah sesuai budget hingga kemampuan dalam mencicil juga terbilang lebih mudah prediksikan waktu pelunasannya. Jangan tertarik dengan DP murah, akan tetapi lihat dari besaran biaya angsuran perbulannya yang akan Anda bayar. Jangan sampai persyaratan kredit mobil baru dalam hal anggaran membuat potensi kredit macet muncul sehingga menurunkan kepercayaan Bank Indonesia hingga leasing terhadap kemampuan Anda dalam membayar pinjaman ataupun membeli secara kredit.

3. Cek Uang Muka dan Besaran Cicilan

Berikutnya ada persyaratan yang wajib diperhitungkan yakni selalu cek uang muka hingga besaran cicilan. Rata-rata pengajuan kredit mensyaratkan pembeli untuk membayar uang muka sebesar 20-30%. Dari besaran uang muka dapat dipengaruhi oleh besaran cicilan hingga tenor kredit Anda, oleh sebab itu perhatikan dari sisi uang muka dan besaran cicilan.

Untuk menghitung simulasi anda dapat menggunakan aplikasi keuangan dari finansialku.com. Anda dapat membuka web finansialku.com atau download aplikasinya di google play store.

Download Aplikasi

4. Kelengkapan Data Administrasi

Terakhir adalah kelengkapan berkas administrasi dimana menjadi persyaratan kredit mobil baru paling penting. Beberapa berkas penting mulai dari slip gaji, KTP, Kartu Keluarga, Rekening Tabungan, Rekening Listrik, Telepon, Pajang Bumi Bangunan, hingga dokumen penunjang lainnya harus tersedia untuk memperlancar proses kredit. Pastikan juga update data pribadi dilakukan agar pihak lembaga pemberi akses kredit mempercayai identitas Anda.

Melihat persyaratan kredit mobil baru di atas besar kemungkinan dari prosesnya terbilang mudah dan dapat diakuisisi hingga Anda dapat membeli mobil baru sesuai impian.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here