RAJAMOBIL.COM – Ketika ingin membeli mobil bekas ada beberapa hal yang harus di teliti, salah satunya tentang sejarah mobil tersebut.

Kita pasti akan menanyakan kepada penjual apakah mobil pernah mengalami benturan yang mengakibatkan bodi mobil harus di dempul dan di cat ulang.

Pada dasarnya dempul menjadi bahan yang kerap digunakan pada saat perbaikan bodi mobil. Setelah pelat bodi yang penyok kemudian diperbaiki, biasanya bengkel mobil akan menambahkan bahan dempul untuk meratakan permukaan sebelum dilapisi cat.

Meracik Dempul Mobil

Dempul memang bisa membantu membuat bodi mobil menjadi rata, namun beberapa bengkel bodi dan cat mobil besar sudah mengurangi penggunaan bahan ini. Kenapa? Karena apabila melakukan perbaikan bodi mobil dengan banyak dempul, akan membuat kualitas pelatnya menurun.

Cara yang benar untuk mendeteksi bagian bodi mobil yang mendapatkan dempul adalah, saat bodi tersebut diketok maka bunyi nya tidak akan nyaring seperti pelat mobil aslinya.

Meratakan Permukaan Dempul

Selain itu, penggunaan dempul mobil yang terlalu tebal juga akan membuat proses pengecatan tidak maksimal. Warna bodi yang dilapisi dengan dempul biasanya akan terlihat belang, kusam dan menjadi tidak menarik.

Di pasar mobil bekas, mobil dengan dempulan juga dihindari, karena akan menjadi gambaran mobil itu pernah bermasalah pada bagian bodi, seperti salah satunya akibat benturan atau tabrakan.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here