RAJAMOBIL.COM, Cikarang – Pada kesempatan kali ini Rajamobil.com turut menajdi bagian Wuling Motors dalam acara Media Factory Visit ke pabrik SGMW Motors (Wuling Motors) yang memproduksi Wuling Cortez dan Confero berlokasi di Cikarang Pusat, Jawa Barat, Selasa (8/5). Di atas lahan seluas 60 hektar, pabrik yang memiliki kapasitas produksi 117 unit per hari ini terbagi menjadi dua fasilitas, yakni 30 hektar untuk pabrik manufaktur dan 30 hektar untuk supplier park.

Pada area manufaktur terdapat empat area, yaitu Press Shop, Body Shop, Paint Shop dan General Assembly. Area ini menjadi pusat kegiatan, dimana terdapat konten lokal proses produksi dengan presentase 56 persen. Angka tersebut didominasi dari proses perakitan bagian body, dimana untuk varian Wuling Confero terdapat 34 part number dengan konten lokal dan 26 part number untuk varian Wuling Cortez.

Pabrik Wuling Cikarang
Arif Pramadana, selaku Manufacturing Director SGMW

“Hanya mesin dan transmisi saja yang kami datangkan langsung dari China,” ujar Arif Pramadana, selaku Manufacturing Director SGMW. Menurutnya butuh investasi yang cukup besar dan harus memperhatikan skala ekomi untuk memproduksi mesin di sini. Arif juga menambahkan “beberapa komponen akan lebih efisien jika didatangkan langsung dari sana, karena bukan suatu masalah jika kita meminta dengan jumlah yang cukup besar pada pabrik di China”.

Selain area manufaktur, terdapat sebagian lahan untuk area supplier park. Pada area ini Wuling Motors membawa 15 pemasok komponen ternama dan Wuling Motors juga telah bermitra dengan 20 produsen komponen lokal. Berdasarkan hal tersebut, harga jual setiap varian Wuling akan jauh lebih terjangkau.

Wuling Cortez
Proses Produksi Wuling

Sejak awal peresmian pabrik pada 11 Juli 2017, Wuling Motors mampu membuktikan komitmennya untuk terjun ke pasar Tanah Air. Sampai dengan saat ini pabrik tersebut telah memproduksi seri Wuling Confero Low MPV yang awal diluncurkan pada 2 Agustus 2017, Wuling Cortez Medium MPV dilucurkan pada 8 Februari 2018 dan Wuling Cortez 1.5 Medium MPV diluncurkan pada 19 April 2018 saat gelaran IIMS 2018.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here