RAJAMOBIL.COM, Michigan – Ford menyusun strategi terbaru untuk pasar dalam negeri yakni, Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat memiliki pasar otomotif mengarah pada SUV, crossover dan truck, Sehingga Ford saat ini hanya berfokus pada penjualan segmen tersebut. Untuk itu, Ford tengah berencana mengucapkan selamat tinggal kepada jajaran city car mereka yakni Focus dan C-Max.

Dilansir dari Carscoops, Automotive News melaporkan bahwa Ford menghentikan produksi Focus dan C-Max di pabrikya yang berlokasi di Michigan pada Jum’at, minggu lalu. Focus masuk kedalam segmen C, atau compact car sejak tahun 1998 dan telah melalui beragam perubahan.

Meskipun Ford memberhentikan produksi Focus, namun, Ford masih menyisakan satu varian Focus yakni Focus Active Wagon dan itupun akan diimpor melalui pabrik Ford di China. Ford Focus Active Wagon akan menjadi satu-satunya mobil penumpang konvensional yang akan bersanding dengan Mustang di pasar Amerika Serikat. Sisanya, Ford hanya menjual segmen SUV, Crossover, dan Truck.

Perubahan strategi yang dilakukan oleh Ford nampaknya akan membawa perubahan drastis, hal tersebut bukan sebuah permasalahan bagi CEO Ford yang baru, Jim Hackett. Hackett menyampaikan bahwa Ford telah merugi untuk memproduksi mobil seperti Focus.

Ia juga melaporkan bahwa kehilangan $800  juta setiap tahun untuk menjual mobil kecil di Amerika Utara, dan pelanggan terus berbondong-bondong beralih ke kendaraan yang lebih tinggi. Jadi, sementara waktu mungkin akan datang kembali untuk mobil kecil di Amerika, untuk saat ini mereka akan benar-benar absen dari showroom Ford.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here