RAJAMOBIL.COM – Volvo sedang menuju era masa depan dimana mencoba menghapuskan mesin disel dan tengah mengembangkan mobil bertenaga listrik pada model S60. Menurut Autocar, Volvo S60 akan dibekali dengan mesin bensin 4 silinder dua versi plug-in hybrid, bersamaan dengan versi mild hybrid pada tahun 2019 mendatang.

“Masa depan kita adalah listrik dan kita tidak akan lagi mengembangkan mesin diesel generasi baru. Kami akan menghentikan mobil hanya dengan mesin pembakaran internal, dengan versi hibrida bensin sebagai opsi transisi saat kami bergerak menuju elektrifikasi penuh. S60 baru mewakili langkah berikutnya dalam komitmen itu,” kata kepala Volvo Håkan Samuelsson.

Menghilangkan mesin diesel pada generasi tentu memiliki sebuah alasan dan Volvo memiliki tujuan untuk mengurangi emisi gas buang. Ditahun 2017, Volvo menghentikan pengembangan mesin diesel baru. Meski masih mengembangkan beberapa lineup mesin diesel yakni Drive-E, kemungkinan pengembangan ini akan bertahan hanya sampai 2023.

Pada seri S60 yang akan datang merupakan penggabungan dalam satu lineup seri Volvo 60 lainnya yakni V60 dan XC60. Ketiga model ini rencananya juga menggunakan mesin yang sama seperti pada V60, kecuali mesin diesel yang telah dihilangkan pada generasi sebelumya. Volvo V60  dibekali dengan beberapa lineup mesin.

Mesin tertinggi yakni berkode T8 twin engine berkapasitas 2.0 liter supercharged yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 390 hp serta torsi sebesar 640 Nm. Selain itu juga dibekali dengan mesin seri T6 twin engine bertenaga 340 hp dengan torsi sebesar 640 Nm, serta T6 berpenggerak All-Wheel Drive (AWD) bertenaga 310 hp serta torsi sebesar 400 Nm.

Volvo menghilangkan supercharged pada mesin V60 T6 Twin Engine, namun menghadirkan sumber tenaga hybrid sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 310 hp. Sumber tenaga hybrid-nya memiliki komponen penggerak elektrik yang sama dengan yang ada pada T8 Twin Engine.

Selain jajaran mesin anyar tersebut, Volvo juga berencana untuk melahirkan kendaraan elektrik pertama Volvo di tahun 2019. Volvo klaim bahwa kendaraan listriknya memiliki output hingga 450 kW (603 hp). Power akan disediakan oleh baterai hingga 100 kWh, dan dilaporkan akan menawarkan hingga 482 km dalam jangkauan. Ini dapat dipasang di platform Compact Modular Architecture (CMA) dan Scalable Product Architecture (SPA) perusahaan untuk memenuhi kebutuhan produk yang berbeda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here