RAJAMOBIL.COM – Mudik adalah suatu ritual tahunan yang kerap dilakukan oleh perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Demi melancarkan perjalanan jauh, kesehatan mobil dan pengemudinya tentu harus menjadi perhatian khusus. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik. Salah satunya adalah memeriksa kondisi mobil sebelum berangkat.

Sebuah ritual pengecekan rutin yang sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri, bahkan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Tapi terkadang begitu sederhananya, kita sering kali lupa.

Ilustrasi / Cek Oli Mesin Mobil

Mengecek oli mesin adalah salah satu komponen paling penting di dalam kendaraan. Cara pengecekannya pun cukup mudah, yaitu saat mesin mobil dalam kondisi mati, cari tongkat indikator oli di mesin. Biasanya berwarna terang dan ujungnya bulat, serta di bagian bawah terlihat huruf F dan L. Bersihkan tongkat indikatornya, dan nanti akan terlihat sisa dari oli yang ada di tempatnya.

Bila takaran oli ada di antara huruf L, berarti oli dalam keadaan berkurang atau low. Sedangkan jika F, berarti masih penuh atau full. Masalahnya, jika oli berada di bawah huruf L, maka harus ditambah. Dan kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Ilustrasi / Cek Ketersediaan Air Wiper

Cek air pembersih kaca, hal ini tentunya sangat berguna saat pandangan ke depan terlihat kurang maksimal akibat kaca yang kotor. Itulah sebabnya mengapa air pembersih kaca menjadi salah satu yang terpenting untuk selalu dicek.

Cara pengisiannya pun terbilang mudah, tuang air cairan pembersih kaca, atau air bersih ke dalam tangki yang berada di kap mesin.

Cek juga minyak rem yang berfungsi memberi tekanan pada piston rem, dan menggerakan sepatu rem. Selain itu mengecek tekanan angin ban juga perlu untuk dilakukan paling tidak seminggu sekali, apabila terlihat kempis, maka perlu ditambah dengan pergi ke tukang tambal ban atau ke SPBU terdekat.

Ilustrasi / Cek Tekanan dan Kondisi Minyak Rem

Cek ketersediaan dan kondisi ban cadangan. Pastikan sudah sesuai dengan ketentuan standar mobil. Cek lampu-lampu mulai dari lampu rem, lampu besar, dan lampu sein. Karena perjalanan jauh saat mudik yang menempuh rute jalanan gelap tanpa lampu adalah sangat berbahaya dan ilegal secara hukum. Bawa juga sekering cadangan yang sesuai dengan kebutuhan listrik di mobil.

Terakhir, cek kelengkapan tambahan, seperti dongkrak yang tentunya masih berfungsi, kunci pembuka baut roda, obat-obatan, kabel jumper, dan lain sebagainya yang sekiranya dibutuhkan dalam kondisi darurat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here