Jakarta – Tiga tim mahasiswa Indonesia pemenang Shell Eco-marathon Driver’s World Championship Asia 2018 dan satu tim mahasiswa finalis kompetisi Shell Ideas360 secara hormat disambut Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Selasa (26/6). Kompetisi bertaraf global ini akan dimulai pada 5 – 8 Juli 2018 di London.

Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship merupakan sebuah pertandingan antar ilmuwan untuk mengetahui siapa yang dapat menempuh jarak terjauh dengan segalon bahan bakar pada kendaraannya. Ajang ini berawal pada tahun 1939 di laboratorium penelitian Shell di Amerika Serikat.

“Presiden menyampaikan rasa bangga dan memberikan dukungan kepada ke-empat tim mahasiswa Indonesia berprestasi gemilang yang akan berlaga di ajang global Shell Make the Future Live di London. Presiden berharap tim mahasiswa Indonesia kembali mencetak prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama bangsa. Saya harap kreatifitas, inovasi dan motivasi yang kuat dari para mahasiswa ini akan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia lainnya untuk turut berkontribusi dalam upaya memberikan solusi energi masa depan,” ujar Moeldoko.

Perwakilan Mahasiswa Indonesia

Tim mahasiswa Indonesia terpilih tersebut telah melewati seleksi dan kompetisi dengan beberapa tim mahasiswa dari kawasan Asia Pasifik. Tim tersebut terdiri dari Tim Semar Urban UGM Indonesia dari Universitas Gadjah Mada, Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Tim Garuda UNY Eco Team daru Universitas Negeri Yogyakarta.

Selain itu, satu tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan gagasan mobil pintarnya Smart Car Microalgae Cultivation Support juga berhasil lolos masuk ke tahap final ajang kompetisi Shell Ideas360, yang mewakili Asia untuk bersaing dengan empat tim mahasiswa dari negara lain.

Shell Ideas360 adalah sebuah ajang kompetisi yang menantang para mahasiswa seluruh dunia untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan global di sektor energi, pangan dan air.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi kepada Pemerintah yang telah memberikan dukungan kepada tim mahasiswa Indonesia beprestasi tersebut. Darwin juga mengatakan, sumber daya manusia yang tangguh, inovatif dan mampu berkompetisi di ajang global adalah modal untuk menjadi pemenang di era revolusi industri 4.0, hal tersebut telah ditunjukan oleh tim mahasiswa Indonesia.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here