RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan beberapa ruas jalan ibu kota tergenang air. Selain timbul kemacetan, kondisi medan jalan yang sering tergenang air akan berakibat rusaknya aspal bahkan menyisakan lubang yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

Untuk mengatasi semua itu perlu kendaraan tangguh seperti Datsun Cross yang pada bulan Maret lalu resmi diluncurkan Datsun Indonesia. Melalui Compact Crossover ini, Datsun mencoba menepis pandangan publik sebagai produsen mobil LCGC.

Kali ini penulis akan memberikan informasi seputar 5 keunggulan Datsun Cross yang dapat dijadikan bahan komparasi dalam mencari sebuah mobil idaman.

DESAIN

Sporty, tangguh dan stylish merupakan ungkapan tepat saat pertama kali melihat mobi ini. Tampilan gril dengan konsep desain D-Cut Honeycomb berlapis krom yang familiar dari varian Datsun ini hadir lebih besar, sehingga membuatnya terlihat lebih ekspresif.

Bagian lain yang akan menjadi pusat perhatian dari Datsun Cross ialah sektor pencahayannya. Dimana terdapat lampu dengan teknologi projector LED with Daytime Running Lights yang dapat diatur untuk menyala secara otomatis saat malam atau ketika memasuki kondisi gelap. Selain itu, pada bagian bawah lampu depan juga terdapat sepasang lampu kabut yang melengkapi tampilan dinamis dari Datsun Cross.

Desain sporty dan tangguh juga terlihat pada bagian skid plate bumper dan body cladding di seluruh sisi mobil yang dapat melindungi bodi mobil dari serpihan lumpur atau pecahan batu.

DIMENSI

Datsun Cross merupakan kendaraan yang cocok di segala medan. Selain desain bodi yang tangguh, compact crossover ini memiliki ground clearance 200 mm yang akan memberikan keleluasaan saat melewati berbagai kondisi jalan.

Kenyamanan berkendara Datsun Cross juga didukung dengan suspensi yang mumpuni. Pada bagian suspensi depan Datsun menggunakan pivot ganda lower arm dan twist beam untuk suspensi belakang.

Walau memiliki ground clearance yang cukup tinggi, kestabilan Datsun Cross tetap terjaga saat melaju dalam kecepatan tinggi, hal tersebut berkat ketelitian penyetelan yang sama baiknya dengan mobil konvensional dengan tidak ada peningkatan kecenderungan limbung.

FITUR KEAMANAN BARU

Keselamatan merupakan faktor penting dari setiap kendaraan, mobil dengan kapasitas penumpang 5+2 ini dibekali fitur keselamatan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) yang telah dirancang dengan menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor di dalam mobil. Fitur VDC meliputi anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Selain VDC, Datsun Cross juga memiliki fitur keselamatan lainnya seperti dual airbag pada kursi baris depan, lampu peringatan sabuk pengaman.

RUANG BAGASI

Selain mampu menampung lima orang dewasa, pada baris ketiga mobil ini juga dapat membawa penumpang anak-anak untuk perjalanan pendek. Jika tidak digunakan, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk memaksimalkan ruang bagasi yang lebih lapang.

MESIN TANGGUH DAN IRIT

Datsun Cross dibekali mesin dengan kapasitas 1.2 liter, 3-silinder yang mampu membawa mobil ini dengan tenaga maksimal 68 PS untuk transmisi manual 5-percepatan dan 78 PS untuk transmisi otomatis dengan torsi 104 Nm.

Sejak tahun 1992, Nissan yang menjadi perusahaan induk Datsun telah menggunakan teknologi continuosly variable transmission (CVT). Nah.. untuk Cross, Datsun menawarkan X-Tronic CVT yang tak hanya halus, namun juga menghasilkan efisiensi bahan bakar dengan kinerja yang lebih baik.

Ketangguhan mesin ini juga didukung dengan penggunaan pulley yang lebih kecil dan sub planetary gear secara bersamaan, sehingga menghasilkan performa awal yang lebih responsif namun tetap irit bahan bakar.

Jika anda tertarik dengan mobil ini dan ingin mendapatkan promo menariknya? silahkan klik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here