Suzuki Ignis Vs Honda Brio Rs, Mana Lebih Laris?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sebanyak 1.151.291 unit mobil terjual selama 2018. Angka ini tumbuh dibanding tahun sebelumnya. Memang, jajaran produk seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio juga Suzuki Ertiga yang jadi penyumbang terbanyaknya. Mobil-mobil tersebut merupakan jajaran produk low MPV.

Di tahun-tahun sebelumnya, mobil diatas memang selalu mendominasi penjualan mobil di atas. Namun tak disangka. Di segmen lain, terjadi pertumbuhan penjualan yang terbilang signifikan. Di lansir dari data penjualan wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), kelas mobil perkotaan juga turut menyumbang penjualan yang tinggi.

Tercatat, penjuala wholesales mobil perkotaan tahun lalu mencapai 31.648 unit. Angka penjualan itu disumbang oleh setidaknya 11 produk. Memang tak sebesar segmen low MPV ataupun kelas mobil LCGC. Namun peta persaingan di kelas ini terbilang menarik. Sebab diikuti oleh brand-brand besar semisal Suzuki, Mitsubishi ataupun Daihatsu.

Lantas, siapa mobil perkotaan terlaris di 2018? Jawabnya adalah Suzuki Ignis. Mobil yang diimpor secara utuh (CBU) dari India ini mampu terjual 13.802 unit. Angka ini mampu melampaui pesaing terberatnya seperti Honda Brio RS maupun Daihatsu Sirion.

Untuk Brio RS, di tahun lalu Honda berhasil menjualnya sebanyak 12.351, sedangkan Daihatsu Sirion harus puas menempati posisi keempat sebagai mobil citycar terlaris dengan penjualan 1.340. Untuk peringkat ketiga justru ditempati Datsun Cross yang laku sebanyak 2.293 unit tahun lalu.

Daftar Citycar Terlaris di Indonesia Tahun 2018

  • Ignis 13.802
  • Honda Brio Rs 12.351
  • Datsun Cross 2.293
  • Daihatsu Sirion 1.340
  • Nissan March 1.159
  • Mitsubishi Mirage 261
  • Chevrolet Spark 146

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here