Kenali Fitur TMPS, Untuk Tingkatkan Keselamatan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Produsen kendaraan kini menaburkan beragam fitur baru pada produknya. Untuk itu, para pembeli diharapkan mengetahui bagaimana fitur tersebut digunakan, apa tujuan dan fungsinya, serta manfaatnya. Seperti yang dilakukan Wuling.

Produsen mobil asal China yang membandrol produknya dengan harga murah ini meletakan fitur Tire Pressure Monitoring System (TMPS). Tidak hanya Wuling, beberapa pabrikan lain juga melakukan hal sama. Lantas apa fitur TMPS?

TMPS mula-mula hadir sebagai pelengkap fitur dan sistem informasi di kendaraan Eropa. Nampaknya fitur ini akan terus bertebaran di lini produk terkini, seperti Wuling Almaz.

TMPS adalah suatu indikator yang menginformasikan mengenai tekanan angin pada ban. Singkatnya, jika ban kekurangan tekanan, sensor akan mengirimkan informasi kepada Anda dan kemudian tampil di cluster instrument.

Anda sebaiknya perlu memahami simbol TMPS yang tertera pada cluster instrument. Indikator TMPS berbentuk seperti penampangan ban dengan tanda seru. Jika indikator tersebut hidup, artinya anda perlu mengecek tekanan pada ban Anda.

Di beberapa mobil dengan multi information display, umumnya memiliki keterangan cukup detail dengan keterangan keempat rodanya. Sehingga mempermudah para pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan pada ban dengan indikator yang hidup atau merah. Nah, TMPS sendiri memiliki 2 tipe yakni TMPS langsung dan tidak langsung.

TMPS Langsung

TMPS langsung (direct) menggunakan sensor yang bertugas untuk memantau tekanan angin disetiap ban pada tekanan tertentu. Sensor TMPS ban juga bisa membaca suhu pada ban. Sensor tersebut mengirimkan data yang dibaca ke sebuah modul control untuk menganalisis, menafsirkan dan dikirim langsung ke cluster instrument. Sensor ini sudah menerapkan teknologi tanpa kabel.

TMPS Tidak Langsung

TMPS tidak langsung berbeda dengan TMPS langsung, karena tidak adanya sensor yang tertanam pada velg atau roda. TMPS tidak langsung memanfaatkan sensor kecepatan roda atau anti-lock breaking system (ABS) untuk mengukur laju revolusi/perubahan setiap roda yang dibuat oleh sistem computer on-board untuk membandingkan roda satu dengan yang lain dan data operasi lainnya seperti kecepatan.

Berdasarkan laju perubahan tersebut, komputer dapat mentafsirkan ukuran relatif ban pada kendaraan. Ketika mobil melaju cepat, dan salah satu ban terindikasi memiliki konsentrasi yang kurang maka komputer akan menyampaikan informasi tersebut melalui cluster instrument.

Melalui fungsi TMPS, diharapkan para pemilik kendaraan lebih memperhatikan kondisi tekanan ban dari informasi yang telah diberikan. Dengan begitu, diharapkan fitur TMPS dapat meningkatkan keselamatan berkendara.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here