RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sepanjang tahun 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sukses mengekspor sebanyak 63.868 unit kendaraan dalam bentuk utuh ke 71 negara di Asia, seperti Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Osenia dan Karibia. Kendaraan tersebut terdiri dari Suzuki All New Ertiga, APV, Karimun Wagon R dan Carry.

Suzuki mengekspor kendaraan dalam bentuk utuh (completely Built Up/CBU), dimana APV menjadi kendaraan ekspor terbanyak dengan perolehan sebanyak 13.891 unit dan 1.418 unit dalam bentuk utuh ke Vietnam. Selain itu, All New Ertiga berhasil diekspor dalam bentuk utuh sebanyak 4.645 unit hingga akhir tahun 2018.

Baca juga : All New Suzuki Ertiga Dapat Pembaruan, Simak Harga Lengkapnya

Suzuki All New Ertiga

Sedangkan pengapalan kendaraan Suzuki dalam bentuk terurai (Completely Knock Down/CKD) di tahun 2018 mencapai 38.944 unit. Total tersebut terdiri dari permintaan Karimun Wagon R yang meningkat sebesar 20,14 persen atau 32.352 unit dan Carry dengan perolehan ekspor sebanyak 4.056 unit.

Selain kendaraan roda empat, Suzuki juga turut mengekspor suku cadang yang terdiri dari Suzuki Genuine Parts, Suzuki Genuine Oil dan Genuine Accessories. Perolehan ekspor tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 35 persen terhadap total penjualan kendaraan roda empat Suzukidi tahun 2018.

Baca juga : Bukti Kesuksesan Suzuki Carry Pick Up Dalam Dunia Bisnis Tanah Air

All new Suzuki Ertiga

Seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan roda empat yang diekspor, kebutuhan akan suku cadang juga ikut bertambah. Pada tahun 2018, pendapatan ekspor suku cadang Suzuki mengalami peningkatan sebesar 17,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Total tersebut turut didukung dengan ekspor suku cadang Suzuki ke Pakistan yang mencapai 18,7 persen dari total ekspor suku cadang Suzuki.

Suzuki juga rutin menghadirkan diskon suku cadang di setiap pameran otomotif besar di Indonesia, seperti di IIMS, PRJ dan GIIAS. Dalam momen ini, Suzuki selalu memberikan keuntungan lebih bagi para pengunjung atau konsumen yang mencari suku cadang resmi dari Suzuki.

Baca juga : Carry Pikap Generasi Baru, Ini Kata Suzuki

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here