RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota akan tampil dengan teknologi terbarunya di ajang Tokyo Motor Show ke-46. Dalam gelaran ini, pabrikan otomotif yang menjadi tuan rumah tersebut, akan menghadirkan satu model mobil listrik mini yang disebut Ultra Compact.

Akihiro Yanaka, Head of Development mengatakan BEV (battery electric vehicle) akan mulai dijual di Jepang pada 2020 mendatang. Kendaraan ini akan menjadi jawaban untuk mobilitas.

“Dengan Ultra-compact BEV, kami memberikan kendaraan yang tak hanya membantu pergerakan tapi juga minim ruang, minim suara, dan ramah lingkungan,” kata Akihito.

Gunakan Platform TNGA, Toyota Resmi Merilis Yaris Generasi Terbaru

Mobil mungil Toyota memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm, mirip seperti mobil listrik Wuling E200 yang pernah dipamerkan di Jakarta beberapa waktu lalu. Di dalam kabin hanya tersedia dua kursi, untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk Wuling E200 sendiri memiliki dimensi panjang 2.497 mm, lebar 1.526 mm, dan tinggi 1.616 mm. Mobil ini didukung dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 29 kW dengan torsi 110 Nm dan mampu dipacu dengan kecepatan 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, mobil listrik Wuling dapat menempuh jarak 250 kilometer.

Sementara itu, untuk mobil listrik Toyota, perusahaan baru akan memaparkannya di pembukaan pameran Tokyo Motor Show 2019 yang berlangsung hari ini (23/10). Namun, mobil diklaim dapat digunakan dalam jarak 100 km, dengan kecepatan maksimal 60 km/jam, dan radius putar yang kecil.

Toyota Yaris TRD 2020, Desain Nyaris Mirip dengan Lexus

BEV Ultra-Compact Toyota akan didisplay di Future Expo Tokyo Motor Show 2019 hingga 4 November mendatang, bersama dengan Ultra-compact BEV Concept Model for Business yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada 7 Juni 2019.

Selain itu, Toyota juga akan memberikan kesempatan bagi pengunjung Tokyo Motor Show 2019 untuk dapat menjajal kendaraan listrik lainnya di area uji coba di jalur sepanjang 1,5 km yang menghubungkan Aomi dan Ariake.

Beberapa kendaraan listrik Toyota yang dapat diuji di antaranya, Ultra-compact BEV Concept Model for business, Toyota i-ROAD, serta Walking Area BEVs dengan berbagai tipe, yakni tempat duduk, tipe berdiri, dan tipe kursi roda.

Ultra-compact BEV Concept Model for business merupakan kendaraan yang dirancang untuk aplikasi bisnis yang mencakup perjalanan jarak pendek. Kendaraan ini berfungsi sebagai “kantor berjalan” dengan tiga mode untuk mendukung traveling, working, dan rehat menggunakan kendaraan.

Bulan Depan, Toyota dan Daihatsu Akan Rilis SUV Terbaru

Sementara itu, Toyota i-ROAD adalah solusi mobilitas jarak pendek yang menggabungkan ukuran sepeda motor dengan stabilitas yang ditingkatkan untuk mendukung perjalanan atau pariwisata perkotaan jarak jauh.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here