Kenapa Harus Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil?

RAJAMOBIL.COM, Ketika mengisi BBM di SPBU coba perhatikan biasanya akan terdapat tempat pengisian angin untuk ban. Anda akan melihat 2 pilihan pengisian untuk ban kendaraan yaitu angin biasa dan nitrogen. Mayoritas kendaraan terutama roda empat atau mobil memilih mengisi ban menggunakan nitrogen.

Lalu apa sebenarnya keuntungan menggunakan angin nitrogen pada ban mobil tersebut? Silahkan cek jawabannya di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Angin Nitrogen untuk Ban

Lebih Nyaman untuk Kendaraan

Menggunakan angin nitrogen untuk ban mobil akan menambah kenyamanan kendaraan ketika dikendarai. Hal tersebut disebabkan karena molekul pada nitrogen lebih besar daripada molekul angin biasa. Selain itu molekul nitrogen juga tidak mudah menguap jika terkena panas sehingga ban tidak cepat kempes. Kedua hal itulah yang membuat kendaraan akan semakin nyaman ketika dinaiki.

Menjaga Elastisitas Pada Ban

Penggunaan angin nitrogen pada ban mobil akan membawa manfaat lainnya yaitu menjaga tingkat elastisitas dari ban kendaraan Anda. Ban kendaraan yang materialnya adalah karet ketika elastisitasnya terjaga maka akan terasa lebih empuk dan lentur. Jelas kondisi seperti ini selain akan menambah kenyamanan berkendara juga akan membuat ban lebih awet dan tidak perlu terlalu sering menambah angin.

Bebas Kandungan Uap Air

Ternyata dalam angin biasa memiliki komposisi nitrogen 78%, oksigen 21% dan mengandung air sebesar 1%. Ini berbeda dengan komposisi yang terdapat dalam angin nitrogen yang berisi nitrogen sebanyak 95% dan oksigen 5%. Dengan kondisi bebas kandungan uap air membuat tekanan pada ban lebih stabil. Kondisi seperti ini akan membuat daya cengkram ban pada jalan atau aspal menjadi lebih kuat.

Tidak adanya kandungan uap air tersebut memiliki keuntungan lainnya bagi ban kendaraan Anda. Nitrogen yang tidak mengandung uap air akan membuat ban tidak mudah kempes saat digunakan melintasi jalanan dalam waktu yang cukup lama. Perjalanan yang lama akan membuat ban menjadi lebih cepat panas, jika menggunakan angin biasa udara akan mudah menguap.

Pelek Lebih Awet

Menggunakan angin nitrogen pada ban mobil juga akan membuat pelek pada roda kendaraan lebih awet. Itu karena tidak adanya uap air yang akan menyebabkan karat pada pelek.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here