Tips Ganti Ban Untuk Mobil Jenis Sedan

RAJAMOBIL.COM, Ban merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk motor maupun mobil namun, paling sering juga mengalami masalah di jalan. Terutama untuk mobil seperti sedan dan jenis lainnya mengalami ban bocor saat di jalan bisa menjadi masalah. Sebaiknya semua pengendara mengetahui bagaimana tips ganti ban untuk mobil sedan dan jenis lainnya. Inilah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti ban mobil.

Tips dan Cara Mengganti Ban Mobil

Menepikan Kendaraan dan Beri Tanda Peringatan

Langkah pertama sebelum melakukan penggantian ban yang bocor di jalan adalah menepikan kendaraan. Setelah itu jangan lupa untuk memasang tanda peringatan agar kendaraan lain mengetahui. Tanda peringatan bisa berupa segitiga pengaman yang Anda bawa di dalam mobil atau bisa menggunakan tangkai pohon dan lainnya. Matikan mesin kendaraan Anda dan hidupkan lampu hazard.

Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah Anda menepikan kendaraan dan memberikan tanda peringatan sebaiknya segera siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil. Peralatan yang dimaksudkan dalam tips ganti ban untuk mobil tersebut antara lain dongkrak, kunci roda dan juga ban cadangan. Letakkan semua peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau agar Anda tidak perlu mondar mandir.

Kendurkan Baut Pada Ban

Langkah selanjutnya mengendurkan baut ban dengan menggunakan kunci roda. Caranya dengan melepaskan penutup baut ban lebih dulu menggunakan obeng. Setelah penutup lepas, gunakan kunci roda untuk melepaskan baut dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Yang perlu diingat adalah jangan sampai baut lepas hanya dikendurkan saja.

Pasang Dongkrak dengan Benar

Jika baut ban sudah kendur saatnya untuk memasang dongkrak secara benar dan tepat. Pilih tempat yang kokoh untuk memasang dongkrak dengan posisi tegak lurus di dekat posisi ban yang akan diganti. Angkat ban menggunakan dongkrak.

Lepas Baut dan Pasang Ban Cadangan

Setelah ban terangkat segera lepaskan semua baut yang ada pada ban dan simpan agar tidak tercecer. Lalu ganti ban dengan yang baru. Setelah ban terpasang dengan benar turunkan dongkrak dan kencangan baut-bautnya. Jika tahap ini sudah selesai artinya tahapan dalam tips ganti ban untuk mobil telah dilakukan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here