Makassar, Lokasi Terakhir Toyota Cari Atlit Berbakat

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Makassar menjadi kota terakhir tempat dilaksanakannya workshop program SATRIA – Satukan Bakat Negeri Kita. Dalam tiga kali penyelenggaraannya, yaitu di Jakarta, Solo, dan terakhir Makassar.

Bertempat di Four Points by Sheraton Makassar, acara workshop berlangsung pada hari ini, 29 Februari 2020. Workshop dihadiri sekitar 200 orang atlet muda dari Sekolah Menengah Keberbakatan Olahraga Sulawesi Selatan (SMP & SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Sulawesi Selatan) dan dari beberapa Sekolah Luar Biasa binaan dari NPC (National Paralympic Committee) Sulawesi Selatan.

Sama halnya dengan workshop di Jakarta dan Solo, materi workshop kali ini disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu mantan perenang nasional yang sekaligus berperan sebagai pembina program “SATRIA”, Richard Sam Bera.

Selain itu, turut hadir pula trainer yang merupakan seorang psikolog – Intan Erlita, yang memberikan pelatihan public speaking dan berbagi tips untuk meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum dan kamera, serta bagaimana mengelola social media sebagai social branding bagi atlet-atlet muda tersebut.

Sedikit yang membedakan dari penyelenggaraan workshop di kota lainnya, 6 orang dari top 20 atlet SATRIA turut hadir untuk berbagi pengalamannya kepada para peserta workshop. Para atlet muda berbakat Indonesia ini akan mengungkapkan pengalamannya dalam mengikuti program SATRIA dan berbagi cerita mengenai impian mereka di masa depan.

Keenam atlet tersebut adalah Firza Faturahman atlet asal Jawa Timur dari cabang olahraga para atletik, I Made Pajar Ariayana atlet asal Bali dari cabang olahraga surfing, Mutiara Oktarani Nurul Al Pasha asal Yogyakarta dari cabang olahraga atletik, Aditya Fajar Putu Soekarno asal Yogyakarta dari cabang olahraga sepeda BMX, Abraham Usyor asal Papua dari cabang olahraga judo, serta Luluk Diana Tri Wijayana asal Jawa Timur dari cabang olahraga angkat berat.

Satria diluncurkan pada Agustus 2019 sebagai salah satu kontribusi Toyota dalam mendukung perkembangan olahraga nasional.

Tidak hanya melakukan proses penyeleksian atlet, selama program berjalan, juga dilaksanakan workshop di beberapa kota bagi atlet-atlet muda Indonesia.

Proses seleksi dan pembinaan atlet dilakukan oleh tiga orang mentor, yaitu mantan perenang – Richard Sam Bera, tokoh penting dalam olahraga disabilitas di Indonesia – Dr. Nino Susanto, dan wartawan olahraga senior – Eko Widodo.

Selama kurun waktu 6 bulan, para mentor mencari atlet-atlet muda potensial, yang tidak hanya berprestasi di bidang olahraganya namun juga mempunyai semangat yang mencerminkan nilai-nilai “Start Your Impossible” dalam dirinya.

Akhirnya, pada awal tahun 2020 terpilihlah 20 atlet yang berasal dari berbagai daerah dan cabang olahraga seperti atletik, angkat besi, balap sepeda nomor MTB, selancar, renang, taekwondo, judo, serta juga terpilih dari atlet paralimpik untuk olahraga di bidang atletik, renang, boccia, dan tenis meja.

Selama tahun 2020 atau kurun waktu 1 tahun, Toyota akan memberikan dukungan terhadap ke-20 atlet tersebut untuk membantu mereka dalam mewujudkan impiannya.

Dukungan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet, antara lain support untuk mengikuti turnamen/kejuaraan di tingkat nasional ataupun internasional, training, alat-alat olahraga, maupun program mentoring & coaching.

Tidak hanya support dalam pengembangan skill atlet, nantinya dipilih 6 orang di antaranya yang akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke Olympic Games & Paralympic Games Tokyo 2020.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here