Perbedaan Mobil Berbahan Bakar Diesel dan Bensin

RAJAMOBIL.COM, Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan para pencari/pembeli mobil adalah jenis bahan bakar yang dimilikinya. Pada umumnya, ada dua jenis bahan bakar mobil, yaitu bensin dan diesel. Namun hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui perbedaan mobil berbahan bakar bensin dengan diesel. Kali ini akan dibahas secara singkat dan padat dibawah ini.

Dari segi harga, mobil berbahan bakar diesel lebih mahal dibanding dengan mobil berbahan bakar bensin. Hal ini disebabkan karena mobil diesel memiliki material yang lebih kuat sehingga membutuhkan biaya yang lebih besar. Material tersebut dapat berupa komponen blok silinder dan juga kepala mobil.

Dari segi perawatan, mobil diesel memerlukan tenaga dan waktu ekstra. Mobil diesel bekerja lebih kompleks sehingga lebih mudah kotor. Hal ini membuat pengecekan mesinnya juga harus dilakukan lebih rutin dibandingkan mobil berbahan bakar bensin.

Meskipun begitu, mobil diesel dinilai sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar. Kebutuhan bahan bakarnya yang minim dibandingkan bensin ternyata tetap dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Selain itu, harga bahan bakar solar (diesel) lebih murah ketimbang bensin. Hal ini tentunya dapat menghemat anggaran selama perjalanan jauh. 

Bicara soal performa, pasti hal ini merupakan bahan pertimbangan utama para pecinta otomotif. Performa mobil diesel jauh lebih unggul ketimbang mobil bensin. Hal ini bisa dibuktikan dengan keunggulannya yang mampu menahan beban berat. Mobil diesel juga dinilai lebih tangguh dalam mengarungi medan yang sulit.

Selain performanya yang tinggi, mobil diesel juga dinilai lebih aman dibandingkan mobil bensin. Sistem listrik yang semakin memadai membuat mobil diesel tahan banjir meskipun kemasukan air. Hal ini berbeda dengan mobil bensin yang berakibat fatal jika kemasukan air. Mobil bensin juga beresiko mudah terbakar jika terdapat kebocoran pada selang bensin. Dengan adanya perbedaan tersebut, diharapkan para pencari mobil bisa lebih memahami dan semakin matang dalam memutuskan mobil jenis apa yang akan dipilih nanti. Baik mobil diesel maupun mobil bensin sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan para pencari/pembeli mobil tersebut.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here