Jenis-Jenis Perlombaan Balap Mobil yang Seru untuk Ditonton

https://www.motorsportimages.com/photos/?location_id=151&year=2011

RAJAMOBIL.COM, Hampir semua orang pasti tahu balap mobil. Saat ini, laga balap mobil begitu digemari terutama oleh anak muda di kota-kota besar. Beberapa balap mobil yang dapat ditonton masyarakat awam dan diikuti oleh profesional diantaranya adalah:

1. Touring Car Racing

Perlombaan jenis ini menggunakan mobil-mobil dengan kapabilitas yang sama, meski dibuat oleh produsen yang berbeda. Lintasan yang digunakan pun lintasan khusus, tidak bisa menggunakan lintasan biasa seperti jalan raya. Di Indonesia, contoh sirkuit yang biasa digunakan untuk Touring Car Racing adalah sirkuit Sentul.

2. Street Racing

Bagi penggemar film “Fast and Furious” pasti sudah familiar dengan jenis balapan street racing. Ya, balapan ini memang dilakukan di tengah jalan umum, terutama jalan raya kota. Umumnya dilakukan secara ilegal, namun ada juga street racing yang dilakukan dengan izin dari pemerintah setempat.

3. Rally

Para pembalap rally menggunakan mobil khusus yang dirancang untuk perlombaan ini. Medan dan panjang lintasannya juga berbeda dari balapan pada umumnya. Ditambah dengan kondisi cuaca yang menantang, membuat balapan ini semakin seru untuk ditonton.

4. Drag Racing

Yang satu ini mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Pada perlombaan drag racing, poin penilaian utamanya ada pada kecepatan dan kemampuan mobil dalam mencapai maximum speed dalam waktu singkat. Lintasan pada drag race dibuat lurus untuk alasan ini.

5. Off Road Racing

Bagi penyuka tantangan, bisa mencoba Off Road Racing untuk menguji adrenalin. Yang menantang dari balapan ini adalah lintasannya yang dibuat terjal, dipenuhi oleh lumpur, pasir dan beberapa juga ada yang menggunakan medan curam. Untuk melalui medan ini diperlukan mobil Offroad dengan mesin yang memadai.

6. Drift Car Racing

Pada perlombaan ini, yang dinilai bukan hanya kecepatan, tetapi juga kemampuan pembalap untuk berbelok dalam lintasannya. Oleh karena itu, sirkuit yang digunakan juga khusus, dengan tikungan-tikungan yang cukup menantang. Balapan-balapan di atas bisa menjadi hobi yang menarik untuk ditekuni. Selain mengikuti balapan, menonton pertandingan balapan-balapan tersebut juga bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here