Apparel Standar yang Digunakan Pada Ajang Balap Mobil

RAJAMOBIL.COM, Pakaian untuk balap mobil atau yang lebih dikenal dengan apparel harus memenuhi standar keamanan yang mampu melindungi pembalap. Hal ini telah diatur oleh federasi otomotif Internasional yang dikenal dengan FIA. Apa saja Apparel Standar yang digunakan pada ajang balap mobil tersebut?

Standar Apparel untuk Balap Mobil

FIA telah menetapkan sebuah standar khusus terkait dengan apparel ini. Standar tersebut tertera di dalam FIA Standard 8856-2000. Aturan standar ini mengatur mulai dari metode tes, performance peralatan, dan desain pakaian yang melindungi pengendara saat balapan.

Khusus bagian desain, standar tersebut meliputi semua pakaian yang dikenakan oleh pengendara. Mulai dari pakaian luar, dalam, tudung, dan sarung tangan, kecuali helm.

Dilihat dari segi desain apparel balap, pakaian luar yang digunakan oleh pembalap haruslah satu potong. Mulai dari atas hingga kebawah apparel ini harus bisa menutupi bagian-bagian ujung pada tubuh. Yaitu bisa menutup leher, lengan, hingga ke bagian ankle kaki.

Resleting yang digunakan juga harus terbuat dari besi dengan gigi-gigi yang besar. Kemudian gigi-gigi pada resleting tersebut harus tertutup dan tersekat dengan bagian dalam pakaian. Sehingga tidak ada kontak yang bisa merusak resleting tersebut karena pengaruh air dari luar maupun keringat dari dalam.

Jahitan dari apparel juga haruslah sangat kuat. filamen-filamen yang menyambungkan antara bagian bawah dan atas dijahit dengan jarak maksimal 10 cm. Mengenai adanya saku, label apparel balap, dan saku juga harus sesuai dengan jenis bahan yang digunakan.

Mengenai bahan yang digunakan garmen harus mendapat persetujuan langsung dari FIA. Ada aturan tersendiri untuk mendapatkan persetujuan tersebut.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here