Macam-Macam Fungsi dari Bagasi Mobil Yang Perlu Diketahui

RAJAMOBIL.COM, Setiap kendaraan mobil umumnya dilengkapi bagasi. Dari jenisnya, bagasi dibedakan menjadi dua yakni bagasi utama dan bagasi tambahan. Lantas apa fungsi bagasi mobil? Ini dia macam-macam fungsi dari bagasi mobil yang perlu diketahui.

Bagasi Utama

Bagasi utama pada mobil adalah bagasi standar dari pabrikan yang fungsinya untuk menaruh barang-barang yang dibawa selama dalam perjalanan. Umumnya, setiap mobil punya ukuran yang berbeda. Agar bagasi muat banyak, barang bawaan harus ditata dengan baik dan rapi.

Selain muat banyak, penataan barang yang rapi juga bisa menghindari barang rusak. Bagi mobil yang tidak memiliki bagasi khusus, seperti mobil sedan, pemilik mobil biasanya menggunakan bagasi tambahan.

Bagasi Tambahan

Bagasi tambahan memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang hampir sama, antara lain:

1.Roof Bag

Roof Bag mirip tas besar berbahan parasut lunak yang fungsinya untuk menyimpan barang-barang bawaan. Umumnya, oleh pengendara, roof bag ditaruh diatas mobil. Karena diatas mobil, pilihlah bahan yang anti air agar barang bawaan tidak basah ketika turun hujan.

2. Roof Rack

Sama seperti roof bag, bagasi tambahan roof rack juga ditempatkan diatas mobil. Fungsinya sebagai rak untuk menyimpan barang-barang. Dengan roof rack, kabin mobil menjadi lebih lega dan fleksibel.

3. Roof Box

Diantara beberapa bagasi tambahan mobil yang dipasang pada mobil, bagasi jenis roof box adalah yang paling banyak digunakan. Aksesoris bagasi ini juga cukup fleksibel karena memiliki berbagai tipe dan ukuran.

Bagasi ini banyak digunakan karena mudah bongkar-pasang. Untuk pemasangannya pun lebih mudah, karena tidak perlu ada lubang atau membuat dudukan. Cukup dijepit di antara atap dan pintu.

4. Roof Basket

Sama-sama berfungsi sebagai tempat barang bawaan di atas mobil, namun roof basket lebih mudah digunakan karena dilengkapi jaring. Untuk penggunaannya, Anda tinggal melindungi barang bawaan dengan terpal agar tidak terkena hujan.

5. Car Bag Carrier

Kegunaan bagasi tambahan bag carrier lebih memudahkan pengendara dalam membawa barang-barang bawaannya terutama saat perjalanan jauh. Berbeda dengan empat bagasi tambahan sebelumnya, car bags carrier biasanya dipasang dibagian belakang mobil. Bagasi sangat penting keberadaannya bagi pemilik mobil. Macam-macam fungsi dari bagasi mobil diatas perlu Anda ketahui agar bisa menggunakan bagasi dengan benar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here