Plat Nomor Kendaraan Custom, Apakah Diperbolehkan?

RAJAMOBIL.COM, Plat nomor dapat dikatakan merupakan atribut penting bagi setiap kendaraan bermotor dan harus selalu terpasang pada saat digunakan untuk berkendara. Fenomenal yang cukup menarik, terdapat tidak sedikit pengendara yang melakukan modifikasi plat nomor kendaraan.

Pertanyaannya, apakah modifikasi pada plat nomor kendaraan seperti ini diperbolehkan dan tidak melanggar hukum?

Modifikasi Plat Nomor, Apakah Melanggar Hukum?

Jika mempertanyakan tentang legalitas dari modifikasi plat nomor ini, sebenarnya jawabannya adalah jelas melanggar hukum. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang di dalam Undang- undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya pada pasal 280.

Dalam undang-undang yang disebutkan sebelumnya dijelaskan bahwa setiap pengendara yang tidak mengendarai kendaraan dengan plat kendaraan yang ditetapkan oleh kepolisian Indonesia akan diancam pidana kurungan selama 2 bulan dan juga denda maksimal Rp.500.000,00.

Kepolisian Tawarkan Penerbitan Nomor Plat Kendaraan Unik

Jika Anda memang menginginkan plat nomor kendaraan yang unik, sebenarnya pihak kepolisian menawarkan solusi untuk Anda yakni berupa penerbitan nomor cantik pada plat kendaran bermotor. Hal tersebut sendiri adalah legal dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016.

Namun untuk mendapatkan nomor plat kendaraan yang unik ini, Anda diharuskan untuk merogoh kocek cukup dalam, pasalnya penerbitan nomor unik pada plat kendaraan ini terbilang cukup mahal.

Adapun besaran biaya yang kiranya harus Anda keluarkan untuk mendapatkan nomor plat cantik satu angka tanpa huruf di belakang adalah Rp. 20.000.000,-. Untuk plat nomor cantik satu angka dengan huruf dibelakang, biaya penerbitan yang diperlukan adalah Rp. 15.000.000,-.

Sedangkan untuk plat nomor cantik 2 angka dengan huruf di belakangnya, Anda harus menghabiskan biaya sebesar Rp. 10.000.000,-.

Tarif yang disebutkan sebelumnya sendiri masuk dalam kategori PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan plat nomor yang diterbitkan hanya berlaku selama 5 tahun. Setelah 5 tahun, Anda diwajibkan untuk membayar kembali tarif PNBP tersebut jika tetap ingin menggunakan nomor cantik tersebut. Itulah sekilas pembahasan untuk menjawab pertanyaan seputar legalitas dari modifikasi plat nomor kendaraan. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here