Tips Menggunakan Mobil Pada Situasi New Normal

RAJAMOBIL.COM,New Normal alias tatanan normal baru diterapkan pemerintah Indonesia meski wabah virus corona belum hilang. Bagi Anda yang mengandalkan kendaraan pribadi seperti mobil sebagai penunjang aktivitas. Ada baiknya menyimak beberapa tips berkendara di fase new normal ini agar aman dan nyaman.

Kondisi Mobil

Pertama, perhatikan kondisi mobil Anda. Anda bisa memastikan mobil Anda siap pakai dari kondisi mesin, oli, aksesoris mobil, surat-suratnya, dan lain sebagainya. Termasuk kebersihan mobil, baik interior maupun eksterior.

Jika tidak tahu apapun mengenai keadaan mesin mobil, lebih baik pasrahkan saja pada bengkel resmi mobil Anda.

Perhatikan Aturan yang Diterapkan Pemerintah Terkait Safety Driving

Meski sudah diperkenankan untuk beraktivitas layaknya dulu, tentu ada perbedaan. Beberapa hal yang harus dipersiapkan di kondisi seperti ini adalah masker, hand sanitizer, atau tisu antiseptik.

Jangan lupa jika membawa orang lain pastikan untuk tetap menerapkan physical distancing dengan menjaga posisi duduk dalam jarak aman.

Jika ingin berbagi tumpangan, pastikan jika si penumpang dalam kondisi sehat dan memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

Menyiapkan beragam pecahan uang tunai atau gunakan uang elektronik untuk membayar. Dan jangan lupa sedia tisu basah atau kering untuk alat bantu memegang benda apa pun itu.

Selain hal di atas, Anda pun perlu memperhatikan beberapa ketentuan yang telah diatur dalam pasal 18 Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2020.

  1. Menggunakan kendaraan pribadi hanya untuk keadaan terdesak, kebutuhan pokok, dan aktivitas lainnya yang diperbolehkan dalam peraturan new normal.
  2. Lakukan disinfeksi setelah menggunakan mobil atau kendaraan lain dengan cara dicuci menggunakan sabun antiseptik atau yang lainnya.
  3. Penggunaan masker untuk seluruh penumpang dan pembatasan jumlah penumpang sebesar 50% dengan pengaturan jarak aman
  4. Tidak melakukan perjalanan apabila tengah sakit atau badan tidak prima.

Setelah berkendara dari luar pun, diharapkan Anda tetap menjaga protokol kesehatan demi keluarga yang di rumah.

Seperti melepas semua pakaian terlebih dahulu sebelum memasuki rumah dan  mandi serta mencuci bersih pakaian yang tadi sehabis dipakai. Tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan olahraga teratur serta menjauhi keramaian untuk membatasi penularan lebih lanjut dari pandemi ini. Tetap jaga jarak aman ya!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here