Mengapa Memakai Sabuk Pengaman Sangat Penting Dalam Berkendara?

RAJAMOBIL.COM, Sabuk pengaman yang ada pada kendaraan mobil Anda bukanlah aksesoris. Meskipun saat dipakai tubuh jadi sesak, sebenarnya sabuk pengaman punya peran penting untuk menjaga keselamatan diri.

Menyadari adanya risiko kecelakaan dalam berkendara, sabuk pengaman wajib digunakan untuk melindungi diri dari ancaman yang mematikan. Ulasan selengkapnya, simak poin-poin berikut ini.

Proteksi Pengemudi

Bahaya yang mengancam para pengguna mobil adalah terjadinya hantaman keras saat bepergian. Bisa saja akibat bertubrukan dengan kendaraan lain di jalan raya atau terbentur keras dengan pembatas jalan.

Benturan yang keras akibat kecepatan mobil yang tinggi akan mengakibatkan pengemudi terpelanting. Namun, dengan pemakaian sabuk pengaman, setidaknya risiko tersebut dapat dihindari.

Sabuk pengaman juga dapat melindungi pengemudi apabila mobil bertabrakan hingga berguling-guling. Tubuh terbantu untuk terus terlindung dalam posisi duduk alih-alih ikut terpental ke atap mobil dan jendela.

Proteksi Penumpang

Faktanya, penumpang juga memiliki risiko ancaman serupa dengan pengemudi. Bahkan dampaknya jauh lebih membahayakan apabila sampai terjadi benturan dan tabrakan pada kendaraan yang ditumpangi.

Ketika mobil terkena dentuman keras, penumpang punya risiko lebih tinggi terpental lebih jauh ke depan. Untuk itu, sabuk pengaman penting digunakan demi menjaga keselamatan.

Fokus Berkendara

Tanpa disadari, sabuk pengaman ternyata juga membantu pengendara untuk fokus mengemudi. Posisi badan akan menjadi tegak lurus dan mata pengemudi pun akan menatap jalanan lurus ke depan.

Dengan adanya pengaruh pada postur tubuh, mengenakan sabuk pengaman ternyata membantu tubuh terhindar dari pegal-pegal. Selain itu, terhindar pula dari risiko cedera leher akibat terantuk ke sembarang arah.

Bebas Sanksi Tilang

Memakai sabuk pengaman juga bentuk penaatan hukum lalu lintas. Bila melanggar aturan, baik pengendara maupun penumpang akan terancam hukuman penjara maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp250.000.

Tentunya, Anda tidak mau sampai terkena sanksi pelanggaran akibat sengaja atau tidak sengaja memakai sabuk pengaman, bukan? Ingat, biasakan diri Anda untuk selalu memasang sabuk pengaman sebelum mulai berkendara. Sabuk pengaman terbukti membantu mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara. Jadi, jangan malas pasang sabuk pengaman ya!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here