Ini Manfaat BBM Beroktan Tinggi

RAJAMOBIL.COM, BBM beroktan tinggi kini mulai banyak dilirik pengguna demi menjaga kesehatan mesin kendaraan. Ini juga tak lepas dari performa mesin yang kian baik dan bisa membuatnya awet. Apa saja keuntungan BBM beroktan tinggi untuk mesin?

Keuntungan Menggunakan BBM Beroktan Tinggi

BBM merupakan sumber energi utama yang harus ada saat hendak mengendarai kendaraan. Salah satu jenis BBM yang sangat direkomendasikan untuk digunakan adalah BBM beroktan tinggi. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan jenis BBM ini, di antaranya:

1.Menghindari Knocking

Manfaat BBM beroktan tinggi bisa untuk menghindari knocking atau bunyi ngelitik dari dalam mesin. Suara ketukan ini dihasilkan dari pembakaran yang kurang sempurna.

Dengan nilai RON atau oktan yang tepat maka ledakan hanya akan terjadi saat bensin bercampur dengan udara yang terpercik api dari busi. Jika oktan tidak tepat maka akan menghasilkan dua ledakan yang menciptakan efek knock. Ledakan itu adalah ledakan bensin yang didapat dari busi dan ledakan bensin itu sendiri.

2.Ruang Bakar Lebih Bersih

Memang harga dari BBM beroktan tinggi lebih mahal. Namun, ini sebanding dengan kenyamanan berkendara dan akselerasi mobil yang lebih enak. Proses bahan bakar yang berjalan sempurna membuat Anda tidak perlu terlalu sering mengisi BBM.

Saat dilakukan pembongkaran, Anda bisa mendapatkan fakta bahwa ruang bahan bakar mesin lebih bersih. Dampaknya kendaraan jadi lebih irit biaya servis. Bukan hanya menjaga kebersihan ruang bakar, tetapi juga menjaganya dari kerak karbon akibat sisa pembakaran.

3.Kendaraan Lebih Ramah Lingkungan

Dari pembakaran yang baik dan sempurna, emisi yang dihasilkan pun rendah sehingga kendaraan lebih ramah lingkungan. Sesuai dengan konsep green car atau mobil ramah lingkungan, bukan?

Namun, sebelum menentukan BBM apa yang akan digunakan, lebih baik pahami beberapa hal seperti berikut ini:

Mesin, ada dua jenis mesin kendaraan yang ada di Indonesia yaitu bensin dan diesel. Bensin berkaitan dengan oktan sedangkan diesel berkaitan dengan cetane.

Rasio Kompresi, setiap kendaraan memiliki rasio kompresi yang berbeda. Kandungan oktan dalam bahan bakar pun banyak jenisnya. Untuk itu, sesuaikan antara nilai oktan dengan rasio kompresinya. Ini sangat berkaitan dengan energi yang dihasilkan mesin.

Nilai Oktan,RON atau kependekan dari research octane number adalah nilai yang mengacu pada daya tahan dari bahan bakar terhadap pembakaran. Makin tinggi nilai oktan maka dari hasil pembakaran makin rendah timbalnya. Jadinya di dalam ruang bakar tidak terdapat penumpukan kerak.

Dengan memakai BBM beroktan tinggi yang sesuai. Itu artinya Anda sudah merawat mesin dengan baik. Anda pun akan semakin nyaman dalam berkendara.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here