Mengenal Istilah Sistem Penggerak Pada Mobil 4WD, RWD, FWD dan AWD

https://x-engineer.org/automotive-engineering/drivetrain/awd-technologies/types-four-wheel-drive-4wd-all-wheel-drive-awd-systems/

RAJAMOBIL.COM, Bagi orang yang berkecimpung di dunia otomotif terutama kendaraan roda empat, pasti sudah sangat familiar dengan sistem penggerak pada mobil.  Jenis sistem penggerak yang populer digunakan antara lain 4WD, RWD, FWD dan AWD.

Kenali 4 Jenis Sistem Penggerak Pada Mobil

Kendaraan beroda 4 pada dasarnya memiliki beberapa prinsip dalam menggerakkan ban mobil, yaitu 4WD, RWD, FWD dan AWD. Bagi Anda yang masih kurang memahami arti dari 4WD, RWD, FWD dan AWD. Berikut akan dijabarkan arti dari masing-masing istilah tersebut.

1. 4WD

4WD merupakan akronim dari 4 wheel drive. Sistem penggerak pada mobil memberikan tenaga dari mesin untuk menggerakkan keempat roda secara bersamaan. Jumlah torsi yang dialirkan kepada masing-masing roda juga dibagi secara merata dengan kekuatan yang sama. sehingga jenis 4WD memiliki kekuatan yang sangat kuat, bahkan sangat cocok untuk keperluan offroad.

2. RWD

Rear wheel drive adalah sistem penggerak mobil yang sering diterapkan pada kendaraan beroda empat di Indonesia. Prinsip kerja dari sistem penggerak ini adalah memberikan tenaga dari mesin untuk kepada kedua roda belakang mobil. Keunggulan dari sistem ini adalah bisa meminimalisir kemungkinan ban selip, sehingga sangat cocok diterapkan pada mobil yang berbobot berat.

3. FWD

Front wheel drive merupakan sistem penggerak yang menyalurkan tenaga dari mesin untuk memutar kedua poros roda bagian depan. Sistem jenis ini lebih sering diterapkan pada mobil sedan atau jenis mobil hemat bahan bakar. Kelebihan dari sistem ini adalah kemungkinan bagian kabin menjadi lebih luas dan menghemat penggunaan bahan bakar.

4. AWD

All wheel drive merupakan hasil dari pengembangan 4 wheel drive. sehingga sistem penggerak jenis ini akan memberikan energi dari mesin ke seluruh poros ban mobil. Namun AWD tidak membagi torsi secara rata seperti pada 4WD, AWD akan memberikan torsi dengan rasio yang disesuaikan dengan kebutuhan medan yang sedang dilalui.Itulah empat istilah sistem penggerak pada mobil yang harus Anda ketahui. Masing-masing sistem penggerak memiliki cara kerja serta keunggulan masing-masing, maka sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here